7 Destinasi Wisata Candi di Klaten yang Penuh Misteri, Salah Satunya Candi Siwa yang Memiliki Sejarah Tinggi

Senin 30-10-2023,04:01 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

DISWAY JATENG - Destinasi wisata candi di Klaten yang penuh misteri serta mempunyai keindahan seni, sejarah, dan budaya yang menjadi ciri khas daerahnya. Apa saja 7 destinasi wisata Candi yang penuh misteri di Klaten ini? mari kita simak selengkapnya berikut dibawah ini.

Menggali kekayaan sejarah Indonesia melalui candi-candi kuno adalah pengalaman menarik yang bisa dilakukan di berbagai wilayah. Dengan menelusuri wisata Candi di Klaten yang penuh misteri ini bisa menambah wawasan Anda dalam bersejarah.

Menggali kekayaan sejarah Indonesia melalui candi-candi kuno adalah pengalaman menarik yang bisa dilakukan di berbagai wilayah. Salah satunya yaitu Klaten, yang dikenal mempunyai candi-candi bersejarah dengan pesona dan misteri yang mengundang wisatawan untuk menjelajahinya.  

Ulasan artikel ini, akan menjelajahi 7 wisata candi di Klaten yang wajib dikunjungi, menyusuri pesona dan misteri yang tersembunyi di balik bangunan kuno ini.

BACA JUGA:Keajaiban Dunia! 6 Keunikan Candi Borobudur dengan Kecerdasan Sistem Struktur Antigempa

Berikut ini Destinasi 7 Wisata Candi di Klaten:

1. Candi Plaosan 

Candi Plaosan merupakan destinasi populer di Klaten, dikenal baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kompleks candi ini terbagi menjadi Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor, yang masing-masing menjadi simbol Rakai Pikatan dan Pramodyawardani.  

Detail relief yang menghiasi candi ini masih utuh dan memberikan pandangan menarik tentang masa lampau. Dibangun oleh Rakai Pikatan dari Kerajaan Medang, candi ini mempunyai perpaduan arsitektur antara Budha dan Hindu. 

2. Candi Siwa

Candi Siwa merupakan salah satu candi Hindu terbesar di dunia. Lokasinya di kompleks Candi Prambanan, candi ini membanggakan arsitektur Hindu dengan tubuh ramping dan ukiran yang indah. 

Di dalam candi, wisatawan bisa menemukan Arca Siwa Mahadewa, arca Ganesha, arca Durga, dan arca Resi Agastya yang semuanya memiliki nilai sejarah yang tinggi. Ciri khas Candi Siwa terletak pada bentuk puncaknya yang mengingatkan pada intan atau halilintar.  

3. Candi Merak

Candi Merak merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Mataram Kuno. Bangunan ini memiliki keunikan dengan tiga perwara berukuran kecil yang menghadap bangunan induk.  

Baru-baru ini, candi ini berhasil menjalani proses pemugaran dan penyelesaian pada tahun 2011. Relief ular yang menghiasi pipi tangga candi juga menambah daya tarik, di mana relief ini memiliki ciri khas yang berbeda dari candi Hindu lainnya di Indonesia.

Kategori :