Jarang diketahui, 5 Manfaat Kesehatan Buah Tin Ini Baik untuk Tulang

Rabu 30-08-2023,08:47 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

Bahkan buah tin adalah makanan sehat yang kaya kalium dan dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan itu, dan sementara itu dimana kadar serat di dalamnya dapat membantu membuang kelebihan natrium.

Selain itu buah ara juga dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah, dimana hal ini tercatat dalam jurnal Evaluation of antihypertensive potential of Ficus carica fruit dalam Pharmaceutical Biology Journal dimana manfaat ini berasal dari kandungan ekstrak air metanol dalam buah.

BACA JUGA:Kandungan Nutrisi dan 5 Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

Bahkan dengan kesehatan pembuluh darah yang baik maka aliran darah dalam tubuh semakin lancar, sedangkan efeknya akan terjadi penurunan tekanan darah keseluruhan.

Dimana sehingga dapat mencegah risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

4.   Dapat Meningkatkan Kepadatan Tulang Kita

Hal itu sebab buah tin merupakan sumber kalsium dan potasium yang baik, dimana mineral ini dapat bekerja sama untuk meningkatkan kepadatan tulang. Sehingga dapat mencegah kondisi seperti osteoporosis maupun yang lainnya.

5.   Bisa Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Adanya kandungan serat dalam buah bertindak sebagai pencahar alami, bahkan nutrisi itu bersifat prebiotik dan menjadi sumber makanan bakteri usus baik serta mendukung lingkungan usus yang sehat.

Bahkan manfaat ini dibuktikan lewat penelitian berjudul Comparison and assessment of flixweed and fig effects on irritable bowel syndrome with predominant constipation: A single-blind dalam Randomized Controlled Trial.

Dimana buah ara terbukti membantu mengatasi sindrom iritasi usus, yakni metodenya dilakukan pada 150 pasien yang terbagi menjadi 3 kelompok dan dengan salah satunya mengonsumsi buah ara dalam waktu 4 bulan.

Sedangkan sistem penilaiannya dilihat dari tingkat keparahan penyakit, dimana adanya kandungan protein C-reaktif, frekuensi dan tekstur tinja. Maka hasilnya dimana kelompok yang mengonsumsi buah ara mengalami perbaikan gejala secara signifikan.

BACA JUGA:Jarang diketahui Banyak Orang, 5 Manfaat Nanas Baik untuk Kolesterol

Demikian itulah manfaat buah tin untuk kesehatan, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :