11 Khasiat Buah Lemon untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit Kita

Senin 07-08-2023,23:20 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Buah lemon merupakan salah satu buah yang sangat berguna bagi kesehatan kita. Buah yang satu ini juga sangat berguna bagi kalian yang ingin membuah kulitnya menjadi lebih sehat.

Menjaga kesehatan juga banyak caranya seperti sering mengkonsumsi buah-buahan dan mangatur pola makan. Hal tersebut jika kita tidak bisa mengatur kesehatan kita maka untuk aktivitas sehari-hari juga akan terganggu.

Berikut adalah 11 manfaat buah lemon bagi kesehatan tubuh dan kulit kita, yakni antara lain:

1.   Mencegah Terjadinya Sakit Jantung dan Diabetes

Kandungan antioksidan berupa d-limonene yang terkandung dalamnya efektif menurunkan risiko sakit jantung dan diabetes tipe 2. Utuk cara kerjanya dengan meningkatkan aktivitas enzim yang membantu mengurangi stres oksidatif penyebab penyakit.

2.   Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Jika kita mengonsumsi buah ini bisa membantu dan terhindar dari munculnya batu ginjal, hal ini karena lemon mengandung asam sitrat yang bisa mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urine dan meningkatkan pH urine.

3.   Buah Lemon Dapat Encegah Infeksi

Dalam buah lemon ini mengandung sifat antimikroba dan antijamur, dimana kedua kandungan tersebut secara signifikan dapat merusak dan mengurangi pertumbuhan bakteri resistensi antibiotik penyebab infeksi kulit.

4.   Mencegah Penyakit Anemia

Ketika tubuh kekurangan zat besi, maka kondisi ini dapat memicu gangguan produksi sel darah merah yang menyebabkan anemia, dan jika kita mengonsumsinya mengoptimalkan kebutuhan vitamin C yang bisa membantu penyerapan zat besi.

Hal tersebut sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih optimal.

5.   Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi air buah lemon secara rutin menjadi kebiasaan yang baik untuk menurunkan berat badan. Bahkan menurut sebuah penelitian dalam jurnal Clinical Nutrition Research, kelompok subjek penelitian yang mengonsumsi air lemon sebelum mengonsumsi makanan.

Terbukti makan lebih sedikit dari pada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Kategori :