Permudah Pelayanan Perijinan untuk Masyarakat, MPP Satya Dahayu Kabupaten Tegal Diresmikan

Minggu 06-08-2023,13:30 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : M Sekhun

SLAWI, DISWAY JATENG - Mal Pelayanan Publik (MPP) Satya Dahayu Kabupaten Tegal diresmikan. Peresmian dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas bersama 13 MPP lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Peresmian yang dipusatkan di kantor Kementerian PANRB, Jakarta, dihadiri bupati dan wali kota masing-masing, termasuk Bupati Tegal Umi Azizah.

 

Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini dan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa juga menyaksikan prosesi peresmian tersebut.

BACA JUGA:DPRD Minta Percaloan di MPP Brebes Ditindak Tegas: Tangkap dan Jebloskan!

Menteri Anas mengapresiasi 14 kepala daerah yang telah berkomitmen menghadirkan MPP di wilayahnya. Kehadiran MPP ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan publik atas layanan yang diberikan. Dirinya juga berharap akan hadirnya digitalisasi pelayanan melalui MPP Digital.

 

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada bupati dan wali kota karena telah merancang berdirinya MPP ini. Mari kita bersama-sama terus belajar, saling bergotong royong memberikan pelayanan yang lebih baik ke masyarakat,” ujar Anas, melalui rilis Humas Pemkab Tegal, Sabtu 5 Agustus 2023.

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Gelar Verifikasi Lapangan Program Kampung Iklim

Menurut Anas, ada empat ekosistem yang terintegrasi dalam sistem pelayanan, yaitu direct service di mana masyarakat dapat menerima pelayanan secara langsung. Kemudian mobile service atau layanan bergerak seperti pemberian layanan dengan menggunakan kendaraan. Selanjutnya adalah self service dan electronic service.

 

“Inilah empat model pelayanan yang telah tumbuh dan dikembangkan oleh teman-teman. Jadi bapak, ibu yang sekarang telah mempunyai MPP bisa menjemput bola dengan menerapkan MPP digital,” ucapnya.

 

Sehingga dengan ini akan tercipta konsep omni-channel yang berorientasi pada interaksi layanan dengan mengutamakan pengguna.

Kategori :