Kader di Pemalang Diskusi Awal tentang Stunting 

Selasa 01-08-2023,15:09 WIB
Reporter : Siti Maftukahah
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, PEMALANG - Kader di Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Terdiri dari kader posyandu, tim pendamping keluarga, kader PKK bersama bidan desa dan bagian gizi Puskesmas Bantarbolang, mengadakan persiapan diskusi stunting sebagai kegiatan awal. 

Kepala Desa Wanarata Elok Rahmawati mengatakan, diskusi stunting merupakan rangkaian dari tahapan penyusunan perencanaan ditingkat desa. Untuk merumuskan kebijakan atau prioritas wajib. Kegiatan ini merupakan kegiatan awal dalam mempersiapkan diskusi stunting yang direncanakan akan dilakukan di Desa Wanarata.

Kegiatan ini nantinya akan melibatkan semua pengampu kebijakan maupun pelaksana kebijakan 

"Diskusi tentang stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa, untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2024," katanya.

Ini juga menjadi amanat Pemerintah Kabupaten Pemalang terhadap pemerintah desa. Agar memprioritaskan penggunaan dana desa tahun 2024, untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Kukuh Raharso, penyuluh KB Kecamatan Bantarbolang menjelaskan, permasalahan stunting menjadi prioritas pemerintah, dikarenakan masalah ini mempengaruhi kualitas Sumber Daya Manusia, yakni terhambatnya tumbuh kembang anak, dan lain-lain. 

Anak yang terkena stunting pertumbuhannya terganggu atau tidak sesuai usianya, faktor penyebab ada banyak hal dan itu perlu diketahui oleh masyarakat utamanya ibu hamil, agar anaknya terhindar dari stunting. 

"Oleh sebab itu, program ini harus dilaksanakan secara konvergen atau terpusat, terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor," ujar Kukuh.

 

Tags :
Kategori :

Terkait