Koleksi Ikan Chana? Ini Jenis dan Daftar Harga Ikan Chana, Ada yang Bikin Melongo! Buruan Jual

Rabu 19-07-2023,20:34 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Ikan chana saat ini sedang menjadi ikan yang sangat populer. Hampir semua anak-anak ataupun orang dewasa pecinta ikan pasti berburu untuk mengoleksinya.

Ada yang sekedar hobby dan ingin memilikinya, ada pula yang menjualnya kembali karena memang ikan ini ada beberapa yang tergolong mahal.

Ikan channa adalah jenis ikan gabus hias yang tengah naik daun. Berbagai jenis ikan channa dan harganya dapat anda temukan pada toko ikan hias. Berbagai komunitas pecinta ikan ini tersebar di seluruh Indonesia.

Ikan predator yang sering disebut snakehead emperor ini, banyak menarik minat pecinta ikan lantaran karakternya yang berani dan agresif. Corak eksotis dan bentuknya yang khas juga mempengaruhi harga jual dari seekor ikan channa.

Mengutip dari buku Misteri Ikan Gabus, Eddy Suprayitno (2017:7), gabus dan sejenisnya termasuk hewan dunia lama, yakni dari Asia (Channa) dan Afrika (Parachanna).

Seluruhnya kurang lebih terdapat 30 spesies channa yang secara alami menyebar di sebelah barat Garis Wallace (garis yang memisahkan wilayah geografi hewan Asia dengan hewan Australasia).

Jenis ikan channa dan harganya tergantung dari corak, dan tingkat kesulitan mendapatkan dan membudidayakannya. Berikut jenis ikan channa dan kisaran harganya.

Berikut list harga Ikan Channa dari termahal hingga termurah 2023.

Harga Ikan Channa termahal ini bahkan bikin geleng-geleng kepala.

Cukup fantastis, harga Ikan Channa termahal bisa mencapai puluhan juta.

Tak hanya harga Ikan Channa termahal, ikan gabus dengan termurah juga memiliki penampilan menarik.

1.     Channa Barca

Ikan Channa Barca adalah salah satu jenis ikan hias yang terkenal memiliki harga fantastis. Harga ikan ini berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 30 juta per ekor.

2.     Channa Auranti

Tak kalah cantik dari Ikan Barca, ikan ini ternyata punya harga yang lebih murah. Harga ikan Channa Auranti berkisar antara Rp 600 ribu – Rp 1 jutaan.

3.     Channa Bleheri

Channa Bleheri merupakan channa berukuran kecil yang dibandrol berkisar Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu.

4.     Channa Bankanensis

Channa Bankanensis memiliki harga berkisar antara Rp 30 ribu hingga Rp 500 ribu tergantung ukurannya.

5.     Channa Argus

Channa argus atau biasa disebut sebagai ikan gabus utara merupakan jenis ikan yang berhabitat asli dari Korea selatan dan Korea Utara.

Ikan ini memiliki harga berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 600 ribu per ekor.

6.     Channa Andrao

Channa Andrao memiliki ciri khas tubuh dwarf atau mungil sehingga panjang maksimalnya hanya 10 hingga 15 cm. Harga Channa ini terbilang stabil, berada di kisaran

Rp 250 ribu per ekor.

7.     Channa Marulioides

Channa Marulioides memiliki daya tarik berupa corak bunga bermekaran di bagian tubuhnya yang membuat ikan ini semakin cantik.

Ikan Marulioides berukuran 7-10 cm dibanderol mulai Rp 30 ribu per ekor.

8.     Channa Pleuro

Channa Pleuro atau serandang merupakan Ikan buas yang menyebar di Kalimantan dan Sumatra. Harganya anakan Ikan Channa ini dibanderol mulai Rp 30 ribu.

9.     Channa Gachua

Channa Gachua berasal dari wilayah Asia selatan dan menyebar luas dari Iran hingga Indonesia. Harga ikan ini dibanderol mulai Rp 30 ribu per ekor.

10. Channa Micropeltes

Channa Micropeltes atau biasa disebut Ikan Toman merupakan jenis ikan besar. Ikan ini punya banyak peminat, harganya anakan ikan Toman dibanderol mulai Rp 10 ribu per ekor.

 

BACA JUGA:Sebelum Memasak Ikan, Tahukah Anda Cara Memilih Ikan Segar Berkualitas Super

Itulah jenis ikan channa dan harganya yang bervariasi. Rangkuman informasi tersebut dapat memberikan pandangan bagi para pemula yang ingin memelihara ikan channa. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda pecinta ikan. (*)

Kategori :