Destinasi Wisata yang Patut Dikunjungi Saat Berada di Indramayu, No 3 Favorit!

Rabu 19-07-2023,15:24 WIB
Reporter : Mohammad Dani Ramadhan
Editor : Mohammad Dani Ramadhan

DISWAYJATENG.ID - Jawa Barat mempunyai sebuah kabupaten yang memiliki banyak potensi wisata yang telah dimanfaatkan dengan baik. Pemerintah daerah dengan bantuan partisipasi dari masyarakat berhasil membangun berbagai lokasi wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung kabupaten ini. Nama kabupaten ini adalah Kabupaten Indramayu.

Singgah ke Jawa Barat akan terasa lengkap jika sudah mencoba destinasi wisata di Kabupaten Indramayu . Banyak wisata di wilayah Indramayu ini, ada wisata pantai, wisata taman, wisata air dan sebagainya. Kabupaten yang beribukota di Indramayu juga mempunyai hasil buah mangga yang manis. Masyarakat menyebut mangga ini dengan nama mangga cengkir. Anda juga bisa mencoba rasa dari buah khas dari Kabupaten Indramayu ini sekalian menjajal wisata kuliner lainnya.

Untuk Anda yang sudah mempunyai rencana liburan ke Provinsi Jawa Barat, cobalah untuk berkunjung ke Kabupaten Indramayu karena ada banyak rekomendasi wisata yang dapat Anda pilih di sini. Berikut ini daftar tempat wisata di Indramayu yang dapat Anda kunjungi dan dijamin akan membuat Anda ingin datang lagi.

1. Taman Cimanuk

Taman yang didesain untuk wisata keluarga ini dapat Anda kunjungi kapan saja. Untuk masuk ke taman ini tidak akan dipungut biaya tiket masuk alias gratis. Tepat berada di belakang Masjid Agung Indramayu menjadikan letak taman yang biasa digunakan untuk tempat nongkrong ini sangat mudah untuk ditemukan.

Nama taman Cimanuk diambil dari sungai yang mengalir melewati taman tersebut yaitu Sungai Cimanuk dalam ejaan lama bertuliskan Tjimanoek. Selain menikmati suasana di Kabupaten Indramayu dengan santai, di sini pengunjung juga dapat menikmati aneka wisata kuliner serta berburu foto pada spot-spot unik di sekitar taman

2. Situs Buyut Banjar

Lanjut ke wisata edukasi bertemakan sejarah, ada obyek wisata situs Buyut Banjar. Obyek wisata ini berupa sebuah makam yang dipercaya makam orang pertama yang mendiami Desa Bulak Kidul. Desa ini berlokasi di Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu.

Orang pertama yang mendiami Desa Bulak dipercaya sebagai utusan salah satu dari Sunan Walisongo. Ada cerita yang selalu melekat pada situs makam ini yaitu tentang keberadaan kera di makam.

3. Pantai Dadap

Objek wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan di hari libur maupun hari biasa, Pantai Dadap ini sangat indah dan memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari ketika kesana.

BACA JUGA: 

Destinasi Wisata Pantai Yang Ada diKebumen, Nomor 3 Bisa Membuat Anda Lebih Bahagia Untuk mengunjungi pantai ini Anda tidak perlu membayar tiket masuk, melainkan biaya parkir saja. Fasilitas tempat ini juga masih seadanya karena masih belum terkena tangan investor. Meskipun begitu Pantai Dadap merupakan destinasi wisata yang menjanjikan keindahan alam.

Ketika sore tiba, banyak masyarakat Indramayu yang mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan sunset.

4. Pantai Lemah Abang Eretan

Pantai yang ada di Desa Lemah Abang, Kecamatan Eretan, Kabupaten Indramayu ini menjadi wisata pantai yang dapat Anda pilih selama di Jawa Barat. Pemandangan pantai di sini tidak akan kalah dengan pemandangan di pantai-pantai lain di Jawa Barat.

Sesuai dengan namanya lemah abang, jika dilihat dengan seksama batu-batu dan tanah-tanah yang ada di pantai ini cenderung kemerah-merahan. Adanya batu-batu pemecah ombak juga dapat menjadi salah satu objek foto kekinian Anda. Puas menikmati keindahan pantai, Anda bisa mencoba kelezatan kuliner laut ala Desa Lemah Abang.

 

5. Alun-Alun Indramayu

Objek wisata ini merupakan salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi karena memiliki keindahan yang tidak ada tandingannya. Alun-Alun Indramayu merupakan tempat wisata yang populer di kalangan masyarakat.

Tempat ini bisa dikatakan sebagai taman kota Indramayu. Di Alun-Alun Indramayu Anda bisa melakukan aktivitas seperti jogging pagi, mengajak buah hati bermain di arena bermain dan juga bisa duduk bersantai sembari menikmati udara yang segar.

Berkunjung ke Alun-Alun Indramayu sangat tepat bersama keluarga, teman atau pasangan karena menjelang malam di bawah lampu kelap-kelip penerang kota banyak kendaraan berlalu lalang. Ada juga penjual makanan di sekitar alun-alun yang menambah daya tarik wisatawan.

 

6. Pulau Biawak

Pulau hunian spesies reptil ini juga mempunyai keunggulan wisata di Indramayu. Pengunjung akan disuguhi juga pemandangan bawah laut yang sangat indah. Pengunjung dapat melakukan snorkling dengan peralatan yang sudah disediakan bersama wisatawan lain.

Mengunjungi Pulau Biawak akan kurang terasa lengkap jika belum berfoto dengan background mercusuar peninggalan zaman penjajahan Belanda. Lanskap menara penunjuk dermaga ini akan menambahkan kenangan manis selama berwisata di Pulau Biawak Indramayu.

7. Waterboom Bojongsari

Di sini banyak terdapat wahana-wahana permainan air yang dapat dinikmati bersama keluarga salah satunya adalah wahana air tumpah yang selalu ditunggu-tunggu oleh pengunjung waterboom.

Ada wahana ATV juga yang dapat dijajal oleh Anda bersama keluarga. Lintasan yang disediakan untuk ATV sangat aman sehingga tidak perlu khawatir mencoba wahana ini. Jika belum mahir Anda bisa meminta pendamping untuk mengajari cara mengemudikan ATV terlebih dahulu.

Demikian penjelasan dan uraian mengenai objek wisata di Indramayu yang dapat Anda kunjungi saat liburan tiba. Banyak sekali pilihan yang dapat Anda pilih, semoga penjelasan ini dapat menjadi referensi wisata Anda di kabupaten ini.(*)

 

Kategori :