Ini yang Perlu Orang Tua Lakukan Mempersiapkan Anak Memasuki Sekolah Dasar, Penting!

Senin 17-07-2023,11:36 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Saat sang anak memasuki sekolah SD, anda sebagai orang tua perlu sedikit mempersiapkan segala sesuatunya. Hal ini karena memasuki SD merupakan hal baru bagi anak anda.

Kondisi anak, terutama saat masuk ke sekolah bagi siswa Sekolah Dasar (SD), sangat beragam. Ada yang menangis, mogok, dan lain sebagainya. Agar tak menjumpai hal tersebut, orang tua bisa simak tips siapkan anak masuk sekolah.

Bertemu dengan lingkungan yang berbeda bisa membuat anak cemas atau takut. Terlebih, jika anak di bangku TK lebih banyak bermain. Sedangkan di bangku SD anak sudah memiliki tanggung jawab untuk belajar.

Nah, apa saja tips agar anak tak rewel saat masuk SD? Melansir dari situs Sekolah Integral SD Luqman Al Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya, berikut tipsnya.

5 Tips Agar Anak Tak Rewel di Hari Pertama Masuk SD

1.     Beri Gambaran dan Tujuan Sekolah

Berbeda dengan lingkungan TK, anak akan diwajibkan untuk belajar dengan serius. Maka dari itu, orang tua wajib mengenalkan suasana pembelajaran di sekolah. Orang tua juga harus dapat menceritakan bahwa pada sekolah yang baru nantinya berbeda dengan sebelumnya. Tujuannya agar si anak nantinya dapat mendapatkan gambaran sebelum menjalani sekolah yang sesungguhnya.

2.     Kenalkan Lingkungan Sekolah

Sebelum memilih sekolah, sebaiknya ajak anak melihat-lihat lingkungan sekolah dan kegiatan yang ada di lingkungan sekolah. Dengan begitu, anak akan melihat dan mendengar hal-hal menarik yang dilakukan di sekolah. Ini juga bermaksud agar anak dapat tertarik untuk segera memasuki sekolah. Hal ini perlu anda lakukan karena seklah merupakan hal yang baru bagi anak.

3.     Antar Anak di Hari Pertama Sekolah

Usai melakukan berbagai langkah di atas, orang tua juga bisa mengantarkan anak ke sekolah. Contohnya pada hari pertama bersekolah, antar dan temani anak agar ia tidak merasa ditinggalkan oleh orang tuanya.

Namun perlu diingat, orang tua perlu mengindari hal-hal yang meningkatkan potensi kecemasan berlebih pada anak saat akan berpisah dengan kita. Memasang muka sedih, atau ikut menunggu mereka di kelas dapat meningkatkan potensi kecemasan berlebih anak kita saat berpisah dengan orangtuanya. Setelah orang tua mengantar anak ke sekolah, yakinkan si anak bahwa semuanya akan baik-baik saja. Yakinkan juga bahwa nanti pada saat selesai sekolah anda akan menjemputnya.

Hal ini biasanya terjadi hanya pada awal-awal masuk sekolah saja.

Kedepannya anda hanya akan mengantar lalu anda tinggal sampai jam sebelum pulang anda bersiap menjemputnya kembali.

4.     Ajarkan Sikap Mandiri

Setiap anak memiliki karakter dan ciri khas tersendiri. Mengajarkan kemandirian sedikit demi sedikit dapat melatih kepekaan mental dan emosi anak. Sehingga, anak akan lebih siap untuk masuk ke jenjang pendidikan berikutnya. Orang tua bisa mulai mengajarkan mandiri sejak dari rumah. Sebagai contoh, ajarkan aktivitas setelah bangun tidur. Ajarkan anak untuk segera mempersiapkan untuk mandi, kemudian sarapan dan mempersiapkan peralatan sekolahnya.

Ajarkan juga sedikit demi sedikit agar si anak dapat memakai sepatu sendiri.

5.     Berikan Apresiasi

Sepulang menjalani hari dalam sekolah, berikan apresiasi bagi anak. Apresiasi ini diungkapkan agar anak termotivasi dan betah di sekolah. Berikan pujian kepada anak anda serta tanyakan hal apa saja selama anak berada di sekolah tadi. Hal ini akan membuat si anak termotivasi dan semakin bersemangat tiap berangkat sekolah.

BACA JUGA:Si Kecil Demam Malam Hari? Ini Kemungkinannya..

Itulah lima tips agar anak tak rewel di hari pertama masuk SD. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Semoga membantu! (*)

 

Kategori :