Si Kecil Demam Malam Hari? Ini Kemungkinannya..

Si Kecil Demam Malam Hari? Ini Kemungkinannya..

Demam pada si kecil dimalam hari memiliki beberapa kemungkinan--

DISWAYJATENG – Anak demam malam hari sudah sering terjadi pada siapa saja. Demam biasanya tidak membahayakan dan bisa jadi hal yang baik kok Moms karena itu merupakan tanda bahwa tubuh anak sedang melawan infeksi.

Banyak orang tua yang kadang kebingungan ketika mendapati si kecil buah hati mereka mengalami demam pada malam hari.

Tentunya kepanikan tersebut sangat wajar, karena naluri orang tua terhadap buah hatinya pasti akan merasa cemas karena takut akan terjadi sesuatu dengan kesehatannya.

Sementara banyak yang mengatakan bahwa demam adalah salah satu cara tubuh anak membangun sistem kekebalan tubuhnya kalau anak demam pada malam hari, padahal siangnya ceria seperti biasa. Hal yang pertama melakukan adalah mengukur suhu tubuhnya demam terjadi ketika suhu tubuh mencapai 37 derajat celcius. Jika anak demam hanya pada malam hari ada beberapa kemungkinan penyebabnya.

Berikut ini beberapa kemungkinannya:

Penyebab Anak Demam

1. Infeksi

Kebanyakan demam karena infeksi atau penyakit lain. Demam membantu tubuh untuk melawan infeksi dengan merangsang mekanisme pertahanan alami. Infeksi yang mungkin terjadi adalah infeksi saluran pernapasan atau infeksi saluran kemih dan infeksi kulit.

2. Bakteri

Kemungkinan ada bakteri yang disebut pirogen masuk kedalam tubuh. Bakteri dari luar ini memancing tubuh untuk memproduksi bakteri pirogen sendiri,  sehingga terjadi kenaikan suhu tubuh yang disebut demam. Pakaian tebal tidak selalu karena infeksi kadang pakaian tebal atau suhu kamar yang panas bisa menyebabkan suhu tubuh anak naik terutama bayi yang baru lahir.

Namun karena demam pada bayi baru lahir bisa juga menandakan adanya infeksi yang serius. Sebaiknya Periksa ke dokter jika demamnya efek imunisasi.

BACA JUGA:Makanan Sehat Ibu Hamil, Apa Saja?

Anak terkadang mengalami demam ringan pada malam hari setelah melakukan vaksinasi. Hal ini normal-normal saja dan kerap terjadi memang. Sudah tahukan penyebab si kecil demam pada malam hari amati gejala yang muncul saat anak demam dan non bisa berikan obat pereda demam yang aman untuk anak jika demam anak tak kunjung turun hingga tiga kali 24jam segera periksakan ke dokter ya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: