Makanan Sehat Ibu Hamil, Apa Saja?

Makanan Sehat Ibu Hamil, Apa Saja?

Makanan sehat bagi ibu hami sangat diperlukan ubtuk pertumbuhan janin--

DISWAYJATENGMakanan sehat ibu hamil sangat perlu bagi para ibu hamil perhatikan. Pada masa pembentukan si kecil, tubuh harus bekerja ekstra sehingga asupan nutrisi yang ibu butuhkan pun turut meningkat.

Memang, dalam satu jenis makanan bisa saja mengandung beragam nutrisi. Namun, bunda harus ingat bahwa mengonsumsi satu jenis makanan saja tidak cukup untuk memenuhi gizi seimbang.

Nah, nutrisi apa saja yang sebenarnya ibu hamil butuhkan semasa kehamilan? Mari kita simak penjelasan berikut melansir dari yankes.kemkes.id :

Makanan Sehat Ibu Hamil

  1. Asam folat dan protein dari kacang-kacangan, hati dan sayur

Selain lezat, kacang-kacangan sangat kaya akan serat, protein dan asam folat. American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan ibu hami untuk mengonsumsi 600 – 800 mikrogram folat selama kehamilan. Asupan folat bisa anda temukan pada hati, telur, sayuran berdaun hujau tua serta kacang polong.

Kemudian yang perlu biu hamil perhatikan dalam penyajian sayuran adalah jangan lupa mencuucinya sebrsih mungkin karena khawatir sisa tanah pada sayuran bia mengandung toksoplasma.

  1. Kalsiun dari susu dan Ikan-ikanan

Ibu hamil membutuhkan 1000 miligram kalsium yang bisa terbagi dalam dua dosis 500 miligram per hari. Sumber kalsium yang baik bisa anda temukan pada susu, yoghurt, keju, ikan dan seafood yang rendah merkuri. Seperti ikan lele, udang, salmon dan tahu.

  1. Protein lezat dari ikan, ayam dan telur

Penuhi kebutuhan protein ibu hamil dengan kudapan lezat yang kaya protein seperti ikan, ayam, susu, yoghurt dan juga telur.

Hanya saja, perjatikan himbauan para pakar bahwa khusus ibu hamilsebaiknya untuk ikan dan telur agar masak sampai matang. Sementara, konsumsi ikan yang terlalu berlemak seperti ikan pedang, todak dan pelagis sebaiknya anda kurangi.

  1. Zat besi dari daging merah tanpa lemak

Zat besi yang cukup mengurangi risiko anemia defisiensi besi yang dapat menyebabkan ibu hamil mudah lelah. Juga dapat meningkatkan risiko kehamilan premature dan depresi postpartum.

Zat besi terdapat pada daging merah tanpa lemak, unggas, ikan ,sayuran, dan kacang-kacangan.

  1. Vitamin D dari ikan dan jeruk

Untuk membangun tulang dan gigi yang kuat setidaknya membutuhkan 600 unit internasional asupan vitamin D setiap harinya. Ini bisa ibu dapatkan dari pilihan makanan seperti ikan salmon atau susu dan jus jeruk.

Selain mengonsumsi makanan sehat dan enak, ibu hamil juga harus menuruti nasihat dokter seperti beristirahat yang cukup, minum air yang banyak, menjaga kebersihan serta banyak berolahraga ringan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: