Ini Dia Kampung Pelosok Pemalang yang Memiliki Kantor Desa Bagaikan Istana serta Banyak Pilihan Tempat Wisata

Sabtu 08-07-2023,17:43 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Lokasi jauh dari pusat Kabupaten Pemalang namun memiliki Kantor Desa bagaikan istana yang megah, itulah Desa Cikendung. Termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang. 

 

Kabupaten Pemalang merupakan salah satu wilayah yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Pemalang memiliki luas wilayah mencapai 1.137,41 km2 di tahun 2022. Angka tersebut menjadikan Kabupaten Pemalang sebagai salah satu wilayah terluas di Jawa Tengah.

 

Kabupaten Pemalang punya salah satu kampung yang letaknya terpelosok. Walaupun letaknya terpelosok, namun kampung ini punya keunikan tersendiri yang berbeda dengan daerah lainnya. 

Karena letaknya terpelosok, kampung terpencil ini punya keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Kampung terpelosok ini berada di kaki gunung Slamet, bernama Desa Cikendung. 

Desa yang memiliki 2.672 kepala keluarga ini pada sebelah utara berbatasan dengan Desa Banyumudal Kecamatan Moga. Untuk bagian selatan berbatasan dengan Desa pagenteran, sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Desa Nyalembeng.

Meansir  dari kanal YouTube Jejak Om Senja tanggal 12 Mei 2023, kampung terpelosok yang tersebut adalah Desa Cikendung. Desa Cikendung berada dalam wilayah Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Desa Cikendung terletak sejauh 60,3 km dari Kota Pemalang.

 

Bisa ditempuh selama 1 jam 30 menit perjalanan dari Kota Pemalang menuju Desa Cikendung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang. Desa ini memiliki pesona alam yang sangat indah.

Banyak lahan pertanian yang membentang di Desa Cikendung, mulai dari kebun teh, area persawahan, dan lainnya.

Kantor Desa Bagaikan Istana Negara

Desa Cikendung memiliki banyak wisata alam dan wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Menariknya, Desa Cikendung memiliki kantor desa yang sangat megah dan mewah.

Desain kantor Desa Cikendung ini megah seperti Istana Negara. Kantor Desa Cikendung ini biasanya  warga gunakan untuk berbagai kegiatan desa.

Tak hanya gedungnya aja yang megah, Desa Cikendung memiliki halaman yang sangat luas dengan pemandangan yang sangat indah.

Kantor Desa Cikendung juga sudah tersedia air mancur pada halamannya sehingga membuat gedung kantor Desa Cikendung semakin sejuk, elegan dan juga mewah. Pemukiman penduduk  Desa Cikendung tertata rapi dan bersih. Jalanan  Desa Cikendung juga sudah beraspal sehingga mudah anda akses.

Jadi itulah informasi tentang kampung pelosok di Pemalang Jateng, punya kantor desa bak istana negera yang megah dan mewah.

Desa ini merupakan salah satu Desa Wisata yang ada pada wilayah Kabupaten Pemalang. Memiliki pesna keindahan yang sangat menarik untuk anda kunjungi. Desa wisata ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi pada saat liburan sekolah seperti sekarang ini.

 Anda juga tidak perlu khawatir, sebagian besar rumah peduduknya mereka gunakan juga sebagai homestay, jadi anda tidak perlu repot mencari penginapan.

 

Hamparan pad yang menghijau bercampur dengan tanaman palawija seperti, tomat, cabai, jagung dan juga kacang panjang sangat indah dan menyegarkan pandangan. Selain itu juga ada tanaman sereh dan juga hamparan perkebunan teh yang tak kalah indahnya.

Selain menyuguhkan panorama khas desa pegunungan yang indah, juga kaya akan budaya kesenian.   Kesenian yang ada seperti sintren, kuda lumping masih terjaga dengan baik.

BACA JUGA:Jangan Kaget, Ini Dia 6 Wisata Alam Pemalang yang Sangat Populer

Demikianlah sedikit ulasan tentang sebuah desa yang lokasinya jauh terpencil namun memiliki Kantor Desa yang megah bagaikan Istana Negara. Serta juga memiliki bayak tempat wisata alam yang sangat sayang untuk anda lewatkan. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi anda dalam mengisi waktu libur anda. (*)

 

Kategori :