Ini Dia Berbagai Makanan Yang Terbuat Dari Olahan Ikan Lele No 4 Kalian Pasti Suka

Rabu 14-06-2023,06:42 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID –  Ikan lele sudah tidak asing bagi kita, ikan ini hidup pada air tawar dan mempunyai tubuh yang licin pada ikan lele. Tidak hanya itu ikan ini juga memiliki kumis yang panjang   serta pipih yang memanjang.

 

Ikan lele juga termasuk jenis ikan hibrida yang memiliki pertumbuhan tubuh lebih cepat dari pada ikan tawar yang lainnya. Ikan ini juga memiliki protein hewani alternatif dengan harga yang murah dan serta bergizi tinggi dan rasanya yang enak.

 

Kali ini kita akan membahas berbagai makanan yang terbuat dari olahan ikan lele, antara lain:

 

1. Mangut lele

Makanan m angut lele ini mudah kita temukan pada Daerah Yogyakarta terutama pada wilayah Bantul. Makanan ini terbuat dari lele yang kita asap selama berjam-jam dan kita masukkan ke dalam kuah santan .

Tidak hanya itu makanan ini juga telah ter bumbui dengan rempah-rempah bercita rasa pedas.

 

2. Rica-rica lele

Makanan r ica-rica lele mempunyai cita rasanya yang pedas s ehingga banyak orang yang menyukainnya . Jika kita masak dengan minyak kelapa dan perasan air jeruk nipis r asa pedasnya akan berpadu dengan rasa gurih dan segar. 

 

3. Sate ikan lele

Tidak hanya kambing, ayam, dan sapi yang bisa kita jadikan sate, ikan lele juga bisa kita olah menjadi sate . Sate lele terbuat dari lele filet yang kita tusuk dengan tusuk sate lalu kita panggang sampai matang. 

Sedangkan u ntuk bumbuny a menggunakan bumbu kecap atau bumbu kacang serta tambahan bawang merah mentah iris, daun kol, dan sambal bawang.

 

4. Pecel lele

Makanan ini merupakan olahan lele paling populer dan mudah kita temukan pada berbagai tempat yang kita lewati . Tidak jarang juga banyak yang menjuluki makanan ini juga sebagai lele penyet.

S eporsi pecel lele terdiri dari lele goreng, sambal terasi, serta aneka lalapan segar . Seperti mentimun, petai, kemangi, tomat, kacang panjang, dan kol.

 

5. Lele bumbu balado

Untuk membuatnya pertama l ele biasanya kita goreng hingga kering terlebih dahulu agar tidak mudah hancur. Bumbu baladonya kita masak terpisah hingga harum dan matang .

K emudian lele goreng baru kita masukkan dan kita olah hingga menyatu dan memiliki rasa yang enak ketika kita makan.

 

BACA JUGA:Ini Dia 4 Kuliner Khas Jawa Berbahan Kikil yang Bisa Kalian Rasakan

 

6. Lele saus padang

Makanan ini merupakan jenis bumbu yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Ikan lele pun termasuk bahan hewani yang bisa kita olah dengan saus padang.

Jika ingin membuatnya pertama lele bisa kita goreng utuh atau difilet terlebih dahulu . K emudian kita goreng dengan tepung dan c ita rasa gurih dan pedas akan menyatu dan membuat kalian ketagihan .

 

7. Sop ikan lele

Ketika kalian ingin mencoba membuatnya sama dengan sop ayam . Yang menjadi pembeda lele perlu kita bersihkan dengan benar dan kita baluri perasan jeruk nipis agar tidak amis.

 

8. Abon lele

Makanan ini bisa kita jadikan stok lauk karena awet selama berbulan-bulan dan sangat ocok banget untuk anak kos.

 

9. Lele woku

Woku adalah bumbu khas Manado yang cocok dengan lidah orang Indonesia pada umumnya. Bumbu ini biasanya kita masak dengan daging dan berbagai ikan termasuk salah satunya yaitu ikan lele. 

Bau dan cita rasa woku yang khas akan membuat nafsu makan kita menjadi  meningkat .

 

Demikian pembahasan kita mengenai berbagai makanan dengan olahan ikan lele, semoga bisa bermanfaat. (*)

Kategori :