Sulit Dapat BBM Bersubsidi, Petani di Pemalang Demo di Pendapa Kabupaten

Selasa 27-09-2022,07:36 WIB
Reporter : Agustus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

PEMALANG (DiswayJateng) - Sejumlah petani  di Kabupaten Pemalang dibawah naungan Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) Dharma Tirta Dek Bendung Sungapan melakukan aksi demo di Pendapa Kabupaten, Senin (26/9). Aksi demo tersebut, meminta pemerintah daerah untuk ikut mencarikan solusi, terkait masalah sulitnya untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk petani.

 

 

 

Aksi demo sejumlah petani  dibawah komandilo Ketua IP3A Dharma Tirta Andi Rustono sebelumnya berkumpul di Sekretariat IP3A di Kelurahan Bojongbata. Kemudian berjalan menuju Pendapa Kabupaten Pemalang. Dalam aksi demonya, mereka mengendari traktor alat pertanian dan membentangkan spanduk yang bertuliskan kritik dan keluhan, soal sulitnya petani untuk membeli BBM.

 

Aksi damai mendapat pengamanan ketat oleh petugas Kepolisian Polres Pemalang dan petugas Satpol PP.

 

 

Ketua IP3A Dharma Tirta Andi Rustono dalam orasinya menyampaikan, aksi demo yang dilakukan petani ini dalam peringatan Hari Tani Nasional ke-62,  yang jatuh pada 24 September,  dimana hari itu telah terlupakan oleh Dinas Pertanian.  Disamping itu, juga bersamaan dengan kenaikan BBM telah mempengaruhi kenaikan biaya produksi pertanian. 

 

 

Namun tidak diimbangi dengan meningkatnya harga yang ada di konsumen yang mengakibatkan keuntungan petani akan mengalami penurunan. Akibatnya dalam kurun waktu tertentu, keuntungan petani akan mengalami penurunan. Sehingga kesejahteraan petani akan mengalami penurunan. 

 

 

Kategori :