Jelang Idhul Adha, Polisi Awasi Para Peternak di Tegal

Kamis 30-06-2022,10:24 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : M Sekhun

TEGAL (Disdway Jateng ) - Untuk mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H, aparat Polres Tegal Kota terus mengawasi hewan ternak ke sejumlah peternak dan pedagang hewan kurban. Pemantauan dilakukan tim regu patroli Satsamapta, Selasa, (28/6).

 

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat melalui Kasat Samapta AKP Bambang Sri Diartono mengatakan, kehadiran anggota di lapangan selain memastikan keamanan warga, juga untuk mengimbau warga khususnya para peternak dan pedagang hewan agar waspada terhadap penyebaran PMK.

 

Pihaknya terus berkomitmen bersama dinas terkait akan memantau perkembangan situasi sehingga kasusnya tidak menyebar ke Kota Tegal.

 

"Kami akan terus bersinergi dengan dinas terkait untuk mengantisipasi penyebaran PMK, tetapi warga diminta aktif menjaga hewan ternaknya," katanya.

 

Bambang mengungkapkan, sejak merebaknya kasus PMK di beberapa wilayah, pihaknya sudah memerintahkan anggotanya bersinergi dengan para Bhabinkamtibmas untuk rutin mengecek, baik ke para peternak maupun rumah penduduk yang menjadi pedagang hewan secara musiman menjelang Idul Adha.

 

Kegiatan pengecekan dan patroli selain untuk mendapatkan data akurat di lapangkan juga untuk menciptakan situasi Kamtibmas.

 

"Masyarakat tidak perlu panik jika menemukan kasus PMK di lingkunganya. Bisa lapor ke Polsek, Bhabinkamtibmas atau dinas terkait sehingga bisa segera ditangani," jelasnya. 

Kategori :