‎Ide Kreatif Peserta Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas Bikin Daniel Mananta ‎Sampai Berdiri dan Tepuk Tangan!

‎Ide Kreatif Peserta Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas Bikin Daniel Mananta ‎Sampai Berdiri dan Tepuk Tangan!

--

JAKARTA, diswayjateng.id  - Kompetisi Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas resmi dimulai
‎dengan penayangan dua episode perdana yang langsung menghadirkan gebrakan penuh
‎emosi pada Minggu, 5 Oktober lalu. Program kompetisi ini menjadi panggung spektakuler bagi
‎para pelaku UMKM terbaik Indonesia dalam membuktikan kualitas, kreativitas, dan daya juang
‎mereka. Tidak hanya soal adu produk, ajang ini memadukan drama persaingan, kisah penuh
‎haru, dan bukti nyata semangat cinta Indonesia. Setiap detik tayangan menghadirkan kejutan,
‎mulai dari cerita bisnis yang dibangun dari nol, mimpi besar yang dipertaruhkan, hingga
‎keberanian unjuk diri di panggung Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas.

Kompetisi ini menjelma
‎jadi tontonan inspiratif yang membekas di hati penonton, meninggalkan rasa kagum sekaligus
‎harapan baru bagi masa depan UMKM tanah air.
‎Acara ini turut menghadirkan jajaran juri dengan pengalaman bisnis yang mumpuni. Ada Daniel
‎Mananta yang banyak dikenal sebagai presenter TV, namun di balik layar ia adalah pengusaha
‎sukses lewat brand fesyen DAMN! I Love Indonesia yang konsisten mengangkat semangat
‎cinta tanah air. Pengalaman Daniel menjadikannya sosok tepat untuk menilai bagaimana
‎UMKM tidak hanya punya produk bagus, tetapi juga mampu mengangkat identitas Indonesia.
‎Sementara itu, Lizzie Parra, pendiri BLP Beauty yang sukses mengubah wajah industri
‎kecantikan Indonesia dengan produk lokal berkualitas dan penuh inovasi, juga hadir sebagai
‎juri. Kehadiran Lizzie sebagai juri memberikan warna tersendiri bagi kompetisi ini, terutama bagi
‎peserta yang bergerak di dunia kecantikan dan gaya hidup.
‎Tantangan pertama dimulai: Kisah perjuangan dan inspiratif dari para Jagoan UMKM.


‎Setiap peserta hadir dengan cerita perjuangan yang unik, menghadirkan kejutan di panggung
‎Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas. Pada episode perdana, finalis Top 20 diminta
‎mempresentasikan usaha mereka, mulai dari Unique Selling Point (USP), teknis operasional,
‎hingga proyeksi pertumbuhan bisnisnya.
‎Episode ini menunjukkan transformasi Baim Alkatiri, mantan artis cilik yang kini sukses lewat
‎brand parfum X-PERFUMERY, hingga Annisa yang akrab disapa Anin dengan DS Modest
‎yang produk sajadah dan sarung travelnya meraih rekor MURI. Tidak hanya itu, ada juga
‎Micheal dengan Maritim Bag Indonesia yang produk tasnya dikenal di dunia bulutangkis,
‎Angga Pras seorang eks timnas pelajar U-19 yang membangun brand fesyen pria Gloaming,
‎serta Fuat, guru honorer pemilik Aveka yang menjual sepatu karena melihat kebutuhan
‎murid-muridnya, menunjukkan betapa beragamnya latar belakang para Jagoan UMKM.

‎Salah satu kisah yang mengharukan datang dari Rusman, pemilik Dthree, yang mengundurkan
‎diri dari pekerjaannya setelah kehilangan sang anak. Sebelumnya, ia adalah sosok yang fokus
‎mengejar karir sehingga jarang memiliki waktu untuk keluarga. Kepergian anaknya menjadi titik
‎balik yang membuka matanya akan pentingnya waktu bersama keluarga, yang akhirnya
‎mendorongnya untuk memulai bisnis yang menjunjung nilai kekeluargaan sebagai inti
‎usahanya.Keselarasan antara tujuan bisnis dan nilai yang dipegang teguh inilah yang membuat
‎Dthree terpilih dan berhasil meraih Golden Star dari Lizzie Parra di episode pertama.
‎Tantangan kedua berlanjut: Membuat produk bertema Nusantara
‎Kini tersisa 10 finalis yang dihadapkan dengan tantangan baru untuk menciptakan inovasi
‎sebuah produk di episode kedua. Para Jagoan UMKM ditantang untuk mengembangkan produk
‎baru dengan tema ‘Cinta Indonesia’ sekaligus membuat strategi pemasaran yang optimal.
‎Setiap peserta mempresentasikan produk yang mengangkat kekayaan budaya Indonesia,
‎seperti Zenitha dengan hijab sablon motif rumah adat, Hirakiya yang memperkenalkan tas seni
‎bordir motif Priangan, HomLiv yang menampilkan alat masak dengan sentuhan batik, serta DS
‎Modest yang mengembangkan sajadah travel inovatif lengkap dengan tag kode QR untuk
‎menentukan arah kiblat, serta gantungan kunci akrilik bermotif kekayaan Indonesia yang dapat
‎dikustomisasi.

BACA JUGA:Vidio dan Shopee Kenalkan Fitur Vidio Shopping, Nikmati Pengalaman Belanja Seru Sambil Tonton Tayangan Favorit

BACA JUGA:Visual Hearts2Hearts di Iklan Terbaru Shopee 9.9 Super Shopping Day On Point! ‎


‎Ketegangan pun semakin memuncak dengan hadirnya Haykal Kamil, Creativepreneur &
‎Founder of ZM Zaskia Mecca, yang menjadi juri tamu dan menilai serta memberikan insight,
‎khususnya kepada Dthree yang menampilkan abaya dengan sentuhan motif batik di tangan.


‎Setelah meraih Golden Star di episode 1, Dthree kini dihadapkan dengan kenyataan bahwa
‎penampilannya di episode 2 tidak sesuai dengan ekspektasi tinggi para juri. Haykal sebagai
‎pemilik bisnis fesyen muslim yang berpengalaman, memberikan kritik tajam namun
‎membangun, dan menekankan pentingnya diferensiasi dan inovasi agar produk tidak hanya
‎menarik tetapi juga memiliki nilai jual yang kuat.


‎Di sisi lain, para juri terpukau dengan Erlyanie, pemilik B Erl Cosmetics yang
‎memperkenalkan produk body shower oil dengan kandungan khas Indonesia, termasuk bunga
‎melati yang memancarkan aroma yang dirindukan dari almarhum ibunya. Terinspirasi oleh sang
‎ibu, Erlyanie membawa nilai emosional dalam setiap tetes produknya. Inovasi ini tidak hanya
‎menyentuh hati, tetapi juga mendulang pujian dari para juri yang mengakui kedalaman ide dan
‎kualitas produk tersebut, dan menjadikan B Erl Cosmetics sebagai salah satu UMKM yang
‎mendapatkan nilai tinggi di episode ini.
‎Penuh ketegangan, episode kedua berakhir dengan tiga peserta yang berada di posisi
‎terbawah, yakni Dthree, Aveka, dan X-Perfumery. Akan ada dua orang yang tereliminasi, dan
‎8 peserta tersisa yang kembali bertarung di episode selanjutnya. Tantangan semakin berat, dan
‎para peserta kini harus mengatasi ujian baru yang menuntut lebih dari sekadar kreativitas,
‎tetapi juga strategi pemasaran yang jitu. Episode 3 akan menguji mereka dengan tantangan
‎konten pemasaran interaktif dan kreatif, di mana setiap peserta dituntut untuk membuat konten
‎promosi yang tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga dapat mendorong produk mereka ke
‎pasar yang lebih luas. Karya-karya mereka akan dinilai oleh para juri utama, serta juri tamu
‎spesial Najla Bisyir, CEO Bittersweet by Najla dan konten kreator sukses yang dikenal
‎dengan kemampuan luar biasanya dalam menciptakan konten viral dan berdaya jual tinggi.

‎Episode Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas kali ini, semakin memperlihatkan bahwa
‎kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh produk yang unggul, tetapi juga kemampuan untuk
‎beradaptasi dengan tren pemasaran dan berinovasi di setiap langkah. Kompetisi ini bukan
‎hanya menghibur, tetapi juga menginspirasi para pengusaha UMKM di Indonesia untuk terus
‎berkembang dan menghadapi tantangan dengan semangat pantang menyerah.
‎Lalu, siapa dua Jagoan UMKM yang harus tereliminasi? Jangan lewatkan episode 3 Shopee
‎Jagoan UMKM Naik Kelas yang akan tayang pada 12 Oktober 2025 pukul 19.00 WIB untuk
‎mengetahui siapa yang akan melanjutkan perjalanan dan siapa yang harus mengakhiri
‎kompetisi. Sambil menunggu, kamu juga bisa saksikan rekap episode sebelumnya dan teaser
‎episode 3 di YouTube Shopee Indonesia. Dapatkan juga kesempatan memenangkan hadiah
‎iPhone 16 dan jutaan Voucher Shopee yang bisa didapatkan dengan mengikuti program ‘Kuis
‎Jagoan UMKM’ setiap hari Senin pukul 11.30 WIB hingga Rabu pukul 23.59 WIB dan penonton
‎juga bisa mendukung para Jagoan UMKM favorit mereka melalui ‘Voting Partisipan Favorit’
‎pada landing page https://shopee.co.id/m/jagoan-umkm.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait