Pemkot Pekalongan Lepas 30 Kontingen Mapsi ke Provinsi Jateng, Siap Rebut Juara Umum

Pemkot Pekalongan Lepas 30 Kontingen Mapsi ke Provinsi Jateng, Siap Rebut Juara Umum

KONTINGEN: Pemkot Pekalongan kirim 30 kontingen mapsi untuk berlaga di Provinsi Jawa Tengah--IST/Dinkominfo for jateng.disway.id

PEKALONGAN, jateng.disway.id - Pemerintah Kota Pekalongan melepas 30 kontingen terbaiknya untuk berlaga dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) SMP tingkat Provinsi Jawa Tengah 2024.

Ketua Kontingen MAPSI, Agus Prihyanto, menyatakan bahwa seluruh peserta telah melewati proses persiapan intensif yang dibimbing langsung oleh guru pendamping di sekolah masing-masing. 

Ia menegaskan bahwa para peserta menunjukkan semangat dan kesiapan tinggi untuk bersaing dalam MAPSI XIII tingkat Provinsi di SMP Negeri 1 Kudus pada 26 Oktober 2024.

“Kita akan bersaing dengan kontingen dari berbagai kota dan kabupaten se-Jawa Tengah, target kita jelas, raih medali emas sebanyak mungkin. Usaha sudah maksimal, untuk hasilnya kita serahkan kepada Allah. Tahun 2015, Kota Pekalongan pernah jadi juara umum. Tahun ini, kami optimis bisa mengulang prestasi itu,” ungkap Agus penuh harap.

BACA JUGA: 432 Siswa Bersaing di Mapsi Tingkat Kota Tegal

BACA JUGA: Mantap! Delegasi Kalifah Dikbud Kabupaten Tegal Rebut Juara MAPSI Provinsi

Agus juga berpesan agar kontingen selalu menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding dan percaya bahwa setiap usaha serta doa tidak akan sia-sia.

Tahun ini, kontingen MAPSI SMP Kota Pekalongan diwakili oleh siswa-siswi dari berbagai SMP negeri dan swasta seperti SMP Negeri 2, SMP Negeri 5, SMP Negeri 6, SMP Negeri 14, SMP Salafiyah, SMP Islam, SMP AI-Irsyad, dan SMP IT Assalam Boarding School.

Total 13 peserta akan bertanding dalam lomba Pidato, Musabaqah Tilawah Al Quran (MTQ), Tartil Quran, Tahfidz, Kaligrafi, dan Cerdas Cermat Islami (CCI). Sementara itu, 17 peserta lainnya tergabung dalam satu tim yang akan menampilkan kesenian Rebana.

Salah satu peserta, Almera dari SMP Salafiyah Pekalongan, mengungkapkan rasa bangganya bisa mewakili sekolah di ajang Provinsi, khususnya dalam cabang Tartil Quran putri. 

BACA JUGA: Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Gelar Lomba Mapsi SD

Baginya, kesempatan ini merupakan pengalaman berharga yang tidak akan ia sia-siakan.

“Senang dan bangga karena sudah sampai di tingkat Provinsi. Targetnya sih bisa medali emas. Sekarang fokus latihan lebih banyak dan jaga kesehatan,” ujar Almera.

Tidak hanya Almera, Hasna dari cabang CCI yang juga berasal dari SMP Salafiyah, mengaku merasa gugup namun bangga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: