Dispermades Kabupaten Tegal Dorong Potensi Seni Desa Berkolaborasi dengan DKKT

Dispermades Kabupaten Tegal Dorong Potensi Seni Desa Berkolaborasi dengan DKKT

SABA DESA - Kades Dukuhjati Kidul Fajar Nur Hakim menyerahkan Dodol Bumbung kepada Kepala Dispermades Kabupaten Tegal Teguh Mulyadi di acara Saba Desa.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

SLAWI,jateng.disway.id - Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT) menggelar kegiatan Saba Desa di Dukuhjati Kidul, Kecamatan Pangkah.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Tegal sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini sangat bagus, selain memperkenalkan Dewan Kesenian ke desa juga sekaligus mengangkat potensi seni dan budaya pedesaan lebih dikenal masyarakat luas,'' kata Kepala Dispermades Kabupaten TegalTeguh Mulyadi.

Dia mengaku sangat mendukung program Saba Desa DKKT yang memiliki tujuan memberikan ruang berekspresi bagi pelaku seni di tingkat desa.

BACA JUGA:Dispermades Kabupaten Tegal Imbau Keras Kades untuk Netral dalam Pilkada

BACA JUGA:Dispermades Kabupaten Tegal Dorong Produk BUMDes Go Internasional

Melihat animo masyarakat Desa Dukuhjati Kidul yang demikian besar, Teguh akan mendorong desa-desa lain untuk bisa mengangkat potensi seni dan budaya pedesaan.

''Secara kebijakan, nanti saya akan dorong tiap desa agar mengalokasikan anggaran untuk memajukan potensi seni yang berkolaborasi dengan Dewan Kesenian melalui program Saba Desa ini,'' ujarnya. 

Ketua DKKT Imam Joend menyatakan, sebenarnya potensi seni dan budaya di pedesaan cukup bagus. 

Saba Desa adalah bentuk ikhtiarnya, bagaimana potensi kesenian yang meliputi pelaku maupun jenis kegiatannya bisa menjadi aset yang bisa dikembangkan dalam arti luas. 

BACA JUGA:Dispermades Kabupaten Tegal Sidak Lokasi TMMD dan Karya Bakti TNI

BACA JUGA:Persingkat Birokrasi Keuangan Desa, Dispermades Kabupaten Tegal Lakukan Ini

"Artinya, jika dioptimalkan dengan dukungan dari berbagai pihak tidak menutup kemungkinan bisa meraih prestasi yang bagus,'' ucapnya.

Sementara, dalam kegiatan tersebut tidak hanya menampilkan pegiat seni desa setempat, tapi juga diwarnai pembuatan dodol bumbung yang telah menjadi tradisi budaya lokal Desa Dukuhjati Kidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: