Instalasi Listrik Aman dan Ramah Lingkungan, PLTU Batang Raih Penghargaan dari KESDM

Instalasi Listrik Aman dan Ramah Lingkungan, PLTU Batang Raih Penghargaan dari KESDM

PLTU Batang Terima Penghargaan Keselamatan Ketenagalistrikan 2024 . Jajaran manajemen BPI menerima Sertifikat Penghargaan K2 Predikat Biru dari DJK KESDM.--IST/BPI for jateng.disway.id

BATANG, diswayjateng.id - Pengelola PLTU Batang 2x1.000 MW, PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) menerima penghargaan Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) dengan Predikat Biru.

Penghargaan itu berasal dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (DJK KESDM) Republik Indonesia.

PLTU Batang dinilai taat memenuhi penerapan K2 serta menyampaikan laporan pelaksanaan penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan (SMK2).

“Kami akan terus berupaya untuk tetap konsisten dalam menerapkan budaya K2 dalam melakukan kegiatan operasional dan proses bisnis di PLTU Batang untuk mewujudkan kondisi andal dan aman bagi instalasi, aman dari bahaya bagi manusia dan makhluk hidup lainnya, serta ramah lingkungan," kata PJK2 PLTU Batang Herlan Widodo, Jumat 4 Oktober 2024. 

BACA JUGA: PLTU Batang Beri Bantuan Modal 34 Mantan Pekerja Konstruksinya

BACA JUGA: Hiu Paus Lintasi Perairan Jawa, PLTU Batang Ajak Nelayan Lindungi Satwa Langka Itu

Ia menyampaikan bahwa pemberian penghargaan ini dilaksanakan melalui proses penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai K2. 

Manager HSE, Herlan Widodo selaku Penanggung Jawab Keselamatan Ketenagalistrikan (PJK2) mewakili Perusahaan untuk menerima penghargaan di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara Jakarta pada hari Jumat, 4 Oktober 2024. 

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan KESDM Jisman P. Hutajulu menjelaskan penganugerahan penghargaan keselamatan ketenagalistrikan merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada badan usaha bidang ketenagalistrikan.

Ia mengkhususkan penghargaan diberikan pada pemilik atau pengelola instalasi tenaga listrik yang telah melalui kinerja dan inovasi terbaik dalam menerapkan keselamatan ketenagalistrikan.

“Saya ucapkan selamat kepada penerima penghargaan keselamatan ketenagalistrikan 2024 atas prestasi dan sumbangsih tanpa pamrih ini memiliki makna besar untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional khususnya dalam rangka menjaga pasokan penyedia tenaga listrik yang andal, aman dan ramah lingkungan.  Kami harapkan keselamatan ketenagalistrikan bukan hanya sekedar pemenuhan kewajiban namun dapat menjadi budaya keselamatan yang terus ditingkatkan”, ucapnya.

BACA JUGA:BPI Beri Beasiswa Penuh Kuliah di ITB hingga Undip untuk 4 Pemuda Sekitar PLTU Batang

Predikat ketaatan penerapan SMK2 terdiri atas predikat ketaatan Hijau, Biru, Merah dan Hitam. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (“ESDM”) Nomor 10 Tahun 2021 tentang K2. 

Sementara itu, penghargaan ketaatan diberikan kepada perusahaan berpredikat Emas dan Perak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: