Fungsi dan Cara Mengaktifkan NFC di Ponsel Android

Fungsi dan Cara Mengaktifkan NFC di Ponsel Android

Ketahui Fungsi dan Cara Mengaktifkan NFC di Ponsel Android dengan Mudah-Tangkapan layar diswayjateng.id-

Pada ponsel Android, pengiriman file melalui NFC sebelumnya didukung oleh fitur Android Beam. Namun, sejak peluncuran Android 10, fitur ini telah dihapus dan digantikan oleh Nearby Share, yang berfungsi mirip dengan AirDrop dari Apple.

BACA JUGA:Cara Mengaktifkan NFC di iPhone

3. Mengecek dan Mengisi Saldo Uang Elektronik

NFC semakin banyak digunakan di Indonesia seiring dengan penerapan transaksi non-tunai di gerbang tol. Oleh karena itu, setiap pengendara yang ingin menggunakan jalan tol diwajibkan memiliki kartu e-money.

Kartu e-money ini dapat diisi ulang di berbagai tempat atau melalui ATM. Namun, jika ponsel Anda dilengkapi dengan NFC, Anda dapat melakukan pengisian saldo langsung pada kartu e-money. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa saldo yang tersedia di e-money. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot mencari lokasi untuk mengisi atau memeriksa saldo e-money.

Sebagian besar ATM saat ini mendukung fungsi untuk memeriksa dan mengisi saldo kartu e-money. Namun, fungsi ini juga dapat dilakukan melalui ponsel yang memiliki NFC. Dengan cara ini, Anda dapat memeriksa dan mengisi saldo kartu e-money kapan saja dan di mana saja.

4. Emulasi Kartu Akses  

Hotel dan apartemen modern saat ini menggunakan kartu akses sebagai pengganti kunci tradisional. Kartu akses ini dapat digunakan untuk membuka pintu atau mengoperasikan lift. Menariknya, data yang terdapat dalam kartu akses ini dapat dipindahkan ke smartphone yang memiliki fitur NFC.

Proses ini dikenal sebagai emulasi. Dengan demikian, ponsel Anda dapat berfungsi untuk membuka pintu hotel atau apartemen, serta saat menggunakan lift. Fitur emulasi ini membuat beberapa produsen mengklaim bahwa ponsel mereka memiliki kemampuan NFC yang multifungsi.

5. Mengoperasikan Aplikasi di Ponsel atau Perangkat Lain   

Melalui teknologi NFC, sebuah ponsel tidak hanya dapat merekomendasikan aplikasi, tetapi juga menjalankan aplikasi yang terinstal di ponsel lain, dengan syarat kedua ponsel memiliki aplikasi yang sama. Fitur ini dimanfaatkan oleh beberapa produsen teknologi untuk menciptakan konektivitas antar perangkat.  

Produsen seperti Huawei memanfaatkan NFC untuk menghubungkan laptop dan Smartphone dengan lancar. Laptop tidak hanya dapat menjalankan aplikasi yang ada di ponsel, tetapi juga membuka dan menyalin data, serta membalas pesan dan melakukan panggilan.  

BACA JUGA:5 Hp Dilengkapi Fitur NFC Terbaik, Harga Mulai Rp1 Jutaan

6. Autentikasi Jaringan WiFi  

Sering kali, Anda diminta untuk memasukkan kata sandi saat ingin menghubungkan ponsel ke jaringan WiFi baru. Hal ini merupakan hal yang biasa karena kata sandi berfungsi sebagai salah satu cara untuk melindungi akses WiFi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: