Pemkab Demak Harapkan Tahun 2024 Target Program Penurunan Stunting 7,5 Persen Tercapai

Pemkab Demak Harapkan Tahun 2024 Target Program Penurunan Stunting 7,5 Persen Tercapai

TAUFIK RIFA'I, menyampaikan bahwa pada tahun 2024 target program penurunan stunting di angka 7,5 persen.-Nungki SN-

DEMAK, diswayjateng.id - Berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) pada tahun 2023 Pemkab Demak secara signifikan berhasil menurunkan angka stunting menjadj 9,5 persen dari 16,2 persen pada tahun 2022 sehingga dinilai program penanganan stunting berhasil dan terbaik se-Jateng.

Sementara untuk tahun 2024, Pemkab Demak menargetkan 7,5 persen untuk program penurunan stunting, seperti yang disampiakan oleh Sekretaris Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Demak, Taufik Rifa'i kepada diswayjateng.id Rabu 2 Oktober 2024.

Ia menyebut pencapaian dalam program penurunan stunting yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Demak tersebut tidak lepas dari hasil kerjasama dari seluruh pihak dengan perencanaan yang dilakukan eksekusi dengan gerakan bersama OPD sesuai dengan tupoksi masing - masing.

“Pencapaian dari program penurunan stunting ini hasil keroyokan bareng-bareng OPD sesusai dengan tupoksi masing – masing,” ucap Taufik yang juga Kepala Dinpermades P2KB Demak.

Ia juga menerangkan, bahwa memang dari hasil SKI tahun 2023 Demak menunjukkan prevelensi penurunan stunting di angka 9,5 persen, namun berdasarkan penimbangan melalui Aplikasi elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) meraih hasil diangka 3 persen. 

“Prevelensi itu 9,5 persen dilakukan oleh Kementrian Kesehatan. Kalau data pakai penimbangan serentak EPPGPM itu ada berdasarkan nama dan alamat sekitar 3 persen,” terangnya.

Tiap desa, lanjutnya, juga digarap makanan tambahan guna mensukseskan program penurunan stunting yang menjadi prioritas Pemkab Demak. Ia menyebut bahwa program tersebut juga dikerjakan oleh perusahaan dan BUMDes yang selalu berkoordinasi dengan penyediaan air. 

Terkait target program penurunan stunting 7,5 persen pada tahun 2024, tetap optimis, namun untuk zero dirasanya tidak mungkin dilakukan. Kendati demikian Pemkab Demak akan beriktiar maksimal dan optimis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: