Tingkatkan Gemar dan Budaya Membaca Masyarakat, Pemkab Pemalang Adakan Festival Literasi 2024

Tingkatkan Gemar dan Budaya Membaca Masyarakat, Pemkab Pemalang Adakan Festival Literasi 2024

MEMBUKA - Pjs Bupati Pemalang Agung Heriyadi membuka festival literasi 2024.Foto:Agus Pratikno/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, menggelar Festival Literasi Tahun 2024 di Gedung Olahraga (GOR) Kridanggo. Kegiatan dibuka oleh Pjs Bupati Pemalang Agung Heriyadi ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan untaian melati. Festival Literasi ini untuk meningkatkan kegemaran dan budaya membaca masyarakat. 

Hadir dan turut menyaksikan jalannya acara pembukaan festival dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Propinsi Jawa Tengah, Forkompinda, Sekda Heriyanto beserta sejumlah kepala Oeganisasi Perangkat Daerah (OPD), serta sejumlah tamu undangan lainnya.

BACA JUGA:Penanaman Karakter Positif dan Pemahaman Hukum Cegah Pelajar dan Santri Salah Arah

Pjs Bupati Pemalang Agung Heriyadi menyampaikan bahwa ketersediaan kualitas SDM yang cerdas dan berkualitas. Baik dari segi keilmuan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sangatlah dibutuhkan dalam membangun bangsa. 

Maka agar pembangunan yang dilaksanakan berdampak positif dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Baik  dari sektor formal maupun informal, diantaranya peningkatan literasi melalui pemberdayaan perpustakaan. Sebagai upaya tindak lanjutnya, yaitu pemberdayaan perpustakaan harus terus dilakukan.  

BACA JUGA:Pemakaman Ajudan dan Sopir Kapolres Boyolali Usai Kecelakaan di Tol Batang, Ibu Bripda Rio Pingsan

Harapannya, agar minat kegemaran dan budaya membaca masyarakat terus meningkat. Sehingga dengan meningkatnya budaya gemar membaca di masyarakat. Ke depan perpustakaan akan terus berkembang, eksis, dan dinamis. “Serta  akan meningkatkan kemampuan literasi dalam segala bidang,"katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang Tantri Ari Cahyaningtyas dalam laporannya menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan festival literasi ini,  untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM). Meningkatkan budaya baca masyarakat, meningkatkan kualitas layanan perpustakaan bagi masyarakat di Kabupaten Pemalang. 

BACA JUGA:Usai Gangster Bubar, Pemkot jamin keamanan warga

"Kegiatan ini juga  sebagai upaya peningkatan pemanfaatan perpustakaan oleh masyarakat terhadap seluruh jenis layanan perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang,"ujarnya.

Adapun waktu pelaksanaannya, lanjut dia, mulai  tanggal 1 hingga 6 Oktober 2024 bertempat di GOR Kridanggo Pemalang. Tema kegiatan festival literasi ini adalah ‘Membaca Investasi Terbaik Untuk Masa Depan’. Sebagai pesertanya antara lain penerbit, distributor dan toko buku dari berbagai kota di Indonesia. 

"Serta UMKM yang ada di Kabupaten Pemalang dan stan pameran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang,"tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: