Cara Mencegah dan Menghapus Virus dan Malware di Android

Cara Mencegah dan Menghapus Virus dan Malware di Android

Inilah Cara Mencegah dan Menghapus Virus Serta Malware di Android-Tangkapan layar diswayjateng.id-

Kini ponsel Android Anda telah terlindungi dari virus.

BACA JUGA:7 Cara Membersihkan RAM HP Android, Solusi Instan untuk HP yang Lemot

Cara Mencegah Virus dan Malware di Android

Satu-satunya cara untuk menjaga perangkat Android Anda aman dari virus adalah dengan tidak mengunduh aplikasi, tidak menghubungkannya ke komputer atau perangkat lain, dan tidak menggunakannya untuk browsing internet.

Tentu saja, hal ini tidak praktis. Namun, ada beberapa langkah efektif yang dapat Anda ambil untuk meminimalkan risiko virus dan malware pada perangkat Android Anda.

1. Tinjau ulasan aplikasi  

Sebelum mengunduh aplikasi baru dari Google Play Store, penting untuk membaca ulasannya terlebih dahulu. Jika aplikasi tersebut memiliki masalah, kemungkinan besar banyak pengguna yang memberikan ulasan negatif.

2. Waspadai aplikasi dari pasar pihak ketiga  

Selain Google Play Store, ada beberapa pasar aplikasi Android yang dikelola oleh pihak ketiga. Jika aplikasi di Play Store dapat mengandung malware, maka aplikasi dari pasar lain berpotensi lebih berbahaya.

3. Verifikasi pengembang  

Setelah meninjau ulasan, langkah selanjutnya adalah memeriksa kredibilitas pengembang aplikasi tersebut. Jika Anda merasa ragu, sebaiknya hindari menginstalnya.

4. Lakukan pemindaian virus dan malware secara rutin  

Melakukan pemindaian secara berkala adalah salah satu cara efektif untuk mencegah infeksi virus. Anda dapat menggunakan aplikasi AntiVirus untuk melakukan pemindaian. Ini juga dapat membantu melindungi perangkat Android Anda dari serangan virus.

5. Hati-hati dalam memberikan akses Superuser  

Bagi pengguna Android yang telah melakukan rooting, jangan sembarangan memberikan akses Superuser kepada aplikasi yang tidak sepenuhnya Anda percayai, karena ini sama dengan memberikan kontrol penuh atas perangkat Anda kepada malware.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: