Jalan Pantura Pati-Rembang Minta Tumbal, Enam Nyawa Tewas saat Laka Karambol

Jalan Pantura Pati-Rembang Minta Tumbal, Enam Nyawa Tewas saat Laka Karambol

LAKA MAUT: Enam orang dilaporkan tewas dan empat orang terluka parah dalam kecelakaan karambol melibatkan bus Surya Bali dan dua truk tronton.-arief pramono/diswayjateng.id-

PATI, diswayjateng.id- Enam orang dilaporkan tewas dan empat orang terluka parah dalam kecelakaan karambol yang melibatkan bus Surya Bali dan dua truk tronton, Senin dini hari 23 September 2024. Insiden laka maut itu terjadi di Jalan Pantura Pati-Rembang, tepatnya di Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati.

Kronologi kecelakaan itu berawal saat bus Surya Bali bernomor polisi DK 7207 AC, mengangkut 28 penumpang dari Surabaya menuju Semarang melaju kencang.

Karena kecepatan tinggi, sopir bus tak mampu mengendalikan laju kendaraannya hingga berjalan oleng ke kanan. Bus langsung menabrak bak truk Mitsubishi Tronton bernomor polisi P 9339 OB yang melaju dari arah berlawanan.

Usai menghantam truk pertama, bus kembali menabrak truk tronton kedua bernomor polisi L 8899 UQ yang berada tepat di belakang truk pertama.

Kapolresta Pati melalui Kasat Lantas Kompol Asfauri mengatakan, kecelakaan tiga unit kendaraan itu mengakibatkan tiga orang tewas di tempat dan tiga lainnya meninggal dunia saat dievakuasi ke rumah sakit.

Hingga sore hari, kata Asafuri, tercatat enam orang meninggal dunia dalam insiden itu. Korban meninggal adalah sopir truk tronton kedua, sopir bus dan empat penumpang bus.

“Dari hasil penyelidikan awal kami, kecelakaan tersebut diduga terjadi karena sopir bus Surya Bali mengantuk,” ujat Asfauri, Senin sore 23 September 2024.

Pemicu Laka Diduga Sopir Bus Mengantuk

Aparat Satlantas Polresta Pati menduga laju bus oleng ke kanan karena sopir mengantuk.  Bahkan saat itu, hujan sedang mengguyur dan mengakibatkan jalan licin. Kondisi itu tentu saja membuat pengemudi tak mampu mengendalikan laju bus.

Dari keterangan Yogi, saksi sekaligus sopir truk tronton yang selamat, mengaku kala itu ia sedang melaju dari arah barat (Pati) menuju timur (Rembang) saat bus oleng dan menabrak truk yang dikemudikannya.

“Saya sempat melihat ada dua bus dari arah Surabaya menuju Kudus seperti saling mendahului,” terang Yogi.

Karena melihat ada truk yang dikemudikan Yogi dari arah berlawanan, bus pertama batal mendahului bus Surya Bali. Namun bus kedua yakni Surya Bali nekat mengambil jalur kanan dan langsung menabrak bak truk Yogi.

“Mendadak ada bentruran keras di bak truk yang saya kemudikan, setelah kejadian itu saya tidak tahu. Namun ternyata di belakang ada truk trailer dan terjadilah tabrakan lagi,” kata Yogi.

Sementara itu, proses evakuasi korban dan kendaraan yang terlibat kecelakaan dilakukan cepat oleh tim gabungan dari kepolisian dan petugas medis.

Enam korban diketahui tewas di lokasi kejadian yakni sopir bus, sopir truk kedua serta empat penumpang bus. Sedangkan empat korban lainnya terluka parah dan dibawa ke RSUD Dr. Sutrasno Rembang serta Puskesmas Juwana.

“Kondisi saya cukup baik dan hanya luka ringan, namun sopir truk di belakang saya meninggal karena terjepit,” imbuhnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: