4 Cara Hapus Data KTP di Pinjol

4 Cara Hapus Data KTP di Pinjol

cara hapus data ktp di aplikasi pinjol--foto jabar ekspres

Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menyelesaikan proses penghapusan akun. 

Umumnya, aplikasi akan meminta konfirmasi tambahan sebelum kalian menghapus akun, jadi pastikan untuk membaca informasi yang diberikan dengan cermat sebelum mengkonfirmasi penghapusan akun. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, data KTP yang telah terdaftar di aplikasi pinjol ilegal dapat dihapus.

3. Minta Bantuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Cara hapus data KTP di aplikasi pinjol selanjutnya yaitu dengan menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK merupakan regulator resmi pengawas industri keuangan di Indonesia yang bertugas mengawasi dan mengatur seluruh lembaga keuangan, termasuk pinjaman online.

Untuk mengajukan permohonan penghapusan data pribadi dari akun pinjol ilegal kepada OJK. Kalian bisa menghubungi melalui menu Pengaduan yang tersedia di situs resmi mereka di www.ojk.co.id. 

Apabila kalian menemukan informasi atau tawaran investasi dan pinjol yang mencurigakan atau diduga ilegal dan memberikan iming-iming imbal hasil/bunga yang tinggi (tidak logis) untuk melaporkannya kepada Kontak OJK yaitu dengan nomor telepon 157, WA (081157157157), email: [email protected] atau email: [email protected].

BACA JUGA:4 Tips Hapus Data KTP di Pinjaman Online Paling Efektif

4. Menghapus Data dan Aplikasi Pinjol

Cara lainnya untuk menghapus data KTP yang sudah terdaftar di aplikasi pinjol ilegal yaitu dengan menghapus data dan menghapus aplikasi pinjol. Namun, metode ini tidak cukup efektif untuk melindungi data pribadi sepenuhnya, karena beberapa aplikasi pinjol masih menyimpan data nasabah meskipun akun telah dihapus.

Pertama, buka menu pengaturan pada ponsel. Kemudian, pilih "Pengaturan Aplikasi". Setelah itu, cari aplikasi pinjol yang ingin dihapus dan pilih "Hapus Data dan Cache". 

Terakhir, pilih opsi untuk menghapus aplikasi tersebut. Langkah-langkah ini bisa membantu menghilangkan data KTP yang telah terdaftar di aplikasi pinjol ilegal, untuk memastikan bahwa data telah benar-benar terhapus kalian disarankan juga untuk menghubungi pihak penyelenggara pinjol.

Itulah beberapa informasi seputar cara hapus data KTP di aplikasi pinjol yang dapat kalian coba dan lakukan agar data tetap aman dan tidak disalahgunakan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: