7 Tips Melunasi Utang Pinjol Tepat Waktu

7 Tips Melunasi Utang Pinjol Tepat Waktu

tips melunasi utang pinjol dengan tepat waktu--foto katadata

Tips melunasi utang pinjol dengan tepat waktu yang dapat dilakukan yaitu dengan memilih layanan penyedia pinjaman dengan suku bunga rendah. Kalian juga bisa mengambil jangka waktu pinjaman lebih lama agar pembayaran terasa lebih ringan. 

5. Membuat Analisis Anggaran Bulanan

Sediakan anggaran untuk tagihan pinjamanmu setiap bulannya. Namun, jangan sampai hal ini mengganggu pos anggaran kebutuhan lainnya. Namun, jika kalian merasa pemasukanmu cenderung ngepas untuk memenuhi kebutuhan, kalian dapat menganalisis masing-masing anggaran dan pos kebutuhan.

Caranya yaitu dengan melihat apakah kebutuhan bulanan bisa diminimalkan. Ketahui pos-pos mana saja yang anggarannya bisa ditekan atau bahkan dihilangkan. Alihkan anggaran tersebut untuk pembayaran cicilan tagihan.

BACA JUGA:Bisakah Utang Pinjol Hangus Tanpa Dibayar? Ini Penjelasan Lengkapnya  

6. Saatnya Pakai Dana Darurat

Jika kalian masih kesulitan dalam disiplin, konsisten atau belum bisa memprioritaskan pembayaran pinjaman, maka mungkin ini merupakan saat di mana kalian akhirnya harus berpisah dengan dana darurat yang selama ini dikumpulkan dan disimpan. Segera lunasi utang pinjol menggunakan dana darurat tersebut, terlebih ketika pinjamanmu sudah memasuki tahap jatuh tempo.

7. Disiplin dan Konsisten 

Tips berikutnya dengan menjaga konsistensi dan disiplin. Ini merupakan bentuk tanggung jawab sebagai peminjam. Utang pinjaman biasanya akan berlangsung selama beberapa bulan sesuai ketentuan. Katakanlah kalian mengambil jangka waktu 6 bulan untuk melunasi pinjaman, berarti dalam rentang waktu tersebut, kalian wajib konsisten dan disiplin dalam menyisihkan anggaran bulanan untuk pembayaran utang.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai tips melunasi utang pinjol dengan tepat waktu yang dapat kalian lakukan agar lepas dari beban tagihan. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: