10 Cara Memeriksa Kondisi Hp Bekas Masih Bagus atau Tidak

10 Cara Memeriksa Kondisi Hp Bekas Masih Bagus atau Tidak

Inilah 10 Cara Memeriksa Kondisi Hp Bekas Masih Bagus Atau Tidak-Tangkapan layar diswayjateng.id-

Selain itu, pastikan garansi tersebut berasal dari distributor resmi, bukan dari counter yang tidak terpercaya yang bisa menyulitkan di kemudian hari.  

8. Keutuhan Fitur dan Fungsi  

Ketika membeli ponsel bekas, pembeli tentu berharap agar semua fungsi berjalan dengan baik dan fitur-fitur yang ada lengkap. Banyak Smartphone second yang mengalami kerusakan pada beberapa bagian, baik fitur utama maupun tambahan.  

Sebagai contoh, kerusakan pada fitur kamera pop-up yang menjadi andalan Oppo F11 Pro akan sangat merugikan. Di sisi lain, jika fitur flashlight mengalami masalah, masih ada alternatif lain seperti menggunakan fitur Night Mode atau sumber cahaya eksternal.  

9. Menguji Sinyal  

Sinyal adalah aspek krusial yang perlu diperhatikan saat memeriksa Smartphone bekas. Apa gunanya ponsel yang dibeli jika tidak dapat menjalankan fungsi utamanya, yaitu berkomunikasi?  

Pastikan sinyal yang diterima sesuai dengan standar IMEI yang terdaftar, baik pada jaringan HSDPA, 3G, 4G, atau yang terbaru, 5G. Jika semua berjalan baik, membeli Smartphone second bisa menjadi pilihan yang menguntungkan.  

BACA JUGA:Cara Memindahkan Data dari Hp Lama ke Baru

10. Memastikan Keaslian HP  

Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah keaslian ponsel. Meskipun tampilan fisik bisa menipu, keaslian dapat dengan mudah diidentifikasi melalui sistem operasi atau ROM yang ada di Smartphone bekas pilihan Anda.  

Ada juga beberapa ciri khas pada ikon, UX, dan UI dari Smartphone tertentu, seperti Apple iPhone dengan sistem iOS-nya.  

Itulah 10 cara memeriksa Hp bekas masih bagus atau tidak. Dengan melakukan pengecekan terhadap beberapa faktor di atas, Anda dapat mengurangi risiko dan potensi kerugian di masa depan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: