Terjerat Utang Pinjol tapi Tidak Bisa Bayar? Ini Penjelasannya

Terjerat Utang Pinjol tapi Tidak Bisa Bayar? Ini Penjelasannya

terjerat utang pinjol tapi tidak bisa bayar--foto voa indonesia

Bila masyarakat terjerat pinjol legal, dia menyebutkan saat ini terdapat program restrukturisasi di OJK untuk membantu masyarakat melunasi pinjaman.

Sementara itu ditinjau dari sudut pandang psikologi, seseorang yang terjerat pinjol biasanya mengalami stres bahkan depresi. Sebab, pinjol ilegal kerap melakukan penagihan utang dengan cara yang mempermalukan si peminjam. Misalnya, menelepon semua kerabat dan kolega untuk menagih utang. Akibat tidak bisa melunasi pinjol ilegal ini pun tidak sedikit orang yang memilih jalan pintas dengan bunuh diri.

Lantas, adakah solusi untuk mengatasi stres dan depresi akibat jeratan pinjol ilegal?

Reza Indragiri mengingatkan agar masyarakat tidak berpikiran pendek mengakhiri hidup atau membunuh orang demi menyelesaikan persoalan utang pinjol.

 "Saya ingin mewanti-wanti bahwa kita tidak boleh memberikan ruang pembenaran sedikit pun terhadap, maaf, bunuh diri. Apalagi bunuh orang. Jadi sesulit apapun hidup saat kita terbelit utang, pastikan siapapun, umur berapapun, jenis kelamin apapun, kelas sosial ekonomi apapun tidak membuka ruang sedikit pun di kepalanya bahwa bunuh diri, apalagi membunuh orang, sebagai solusi.

BACA JUGA:Bisakah Utang Pinjol Hangus Tanpa Dibayar? Ini Penjelasan Lengkapnya

Itu sebuah rumus psikologi mutlak yang harus kita hujamkan baik-baik di hati kita agar tidak muncul dari persoalan perdata menjadi masalah pidana. Dari masalah saya, menjadi persoalan keluarga besar saya. Dari hal yang menyedihkan menjadi, maaf, hal yang memalukan sekaligus menakutkan," ujarnya.

"Dari sudut pandang psikologi, dengan kerendahan hati, sepertinya tidak ada solusi karena tadi saya katakan bahwa stres, cemas, takut, depresi itu sudah jelas penyebabnya utang. Kondisi tidak menyenangkan itu bisa berhenti jika pokok persoalannya juga berhenti," kata pakar psikologi forensik Reza Indragiri.

Daripada memilih mengakhiri hidup, Reza Indragiri menganjurkan masyarakat yang terjerat pinjol supaya menggunakan energinya untuk bekerja keras mencari jalan keluar. "Ketika pikiran bunuh diri maupun bunuh orang itu kita tutup, mudah-mudahan kita punya ekstra stamina untuk menemukan jalan keluar," katanya.

Itulah beberapa informasi seputar pertanyaan mengenai terjerat utang pinjol tapi tidak bisa bayar? semoga jawaban di atas dapat menjadi solusi buat kalian yang mengalami kesulitan dalam finansial. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: