Relawan Kelurahan Tangguh Pesurungan Lor Kota Tegal Dilatih Mitigasi Bencana

Relawan Kelurahan Tangguh Pesurungan Lor Kota Tegal Dilatih Mitigasi Bencana

PELATIHAN - Kepala Pelaksana BPBD Kota Tegal Moch Mabbrur SSTP MSi membuka pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana.Foto:K Anam S/diswayjateng.disway.id--

Kelurahan Tangguh dibentuk untuk mewujudkan kelurahan yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan. Kelurahan Tangguh bertujuan untuk melindungi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana dari dampak merugikan.

BACA JUGA:Bincang Kreatif Dinas Perkim, Sosialisasikan Program Kegiatan

Kemudian meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam dalam mengurangi risiko bencana, meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dan pemeliharaan kearifan lokal bagi pengurangan risiko bencana, dan meningkatkan kapasitas pemerintahan dalam memberikan dukungan sumber daya dan teknis bagi pengurangan risiko bencana.

Untuk menangani dampak dari kemarau panjang, BPBD Kota Tegal mendapatkan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa 20 unit tandon air dengan kapasitas 5.200 liter, 5 pompa dorong, 10 pompa alkon, dan sarpras pendukung lainnya. Bantuan BNPB tersebut akan ditempatkan di wilayah kekeringan untuk membantu warga agar mendapatkan suplai air bersih.

BACA JUGA:Pemkab Tegal Luncurkan Program Sinergi UMKM

Rencananya akan disuplai Perumdam Tirta Bahari juga pembelian BPBD. BPBD juga menyiapkan seratus paket sembako dari CSR perusahaan. “Dalam waktu dekat bantuan tersebut akan didistribusikan,” ungkap Mabbrur. 

Lurah Pesurungan Lor Sudarto SE menilai peningkatan kapasitas dalam upaya pencegahan dan mitigasi bencana sangat penting. Relawan Kelurahan Tangguh Pesurungan Lor diimbau memiliki nomor kontak BPBD Kota Tegal dan nomor darurat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: