6 Tips Ampuh Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data

6 Tips Ampuh Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data

tips mengatasi pinjol ilegal sebar data --foto duwitku

4. Lapor Konten ke Kominfo

Masyarakat yang menjumpai konten pinjol ilegal atau unggahan terkait data pribadi di media sosial bisa mengirim aduan ke email milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yaitu [email protected]. Aduan tersebut nantinya akan ditindaklanjuti oleh Satgas PAKI, Google, dan Apple untuk dilakukan pemblokiran aplikasi. 

5. Hapus Izin Operasi Aplikasi Pinjol

Tips berikutnya yaitu juga bisa menghapus cache serta data aplikasi pinjol yang digunakan dan terinstal di handphone nasabah. Tidak hanya itu, nasabah juga bisa langsung mengambil tindakan untuk uninstall aplikasi pinjol tersebut, guna meminimalisir risiko penyebaran data secara lebih luas.

BACA JUGA:Begini Tips Hindari Pinjol Sebar Data Jika Nasabah Terlanjur Galbay

Apabila korban menerima penawaran utang melalui aplikasi pinjol ilegal di ponsel, maka hapus atau uninstall perangkat lunak tersebut. Pinjol ilegal biasanya meminta seluruh akses data pada ponsel, sehingga data-data yang tersimpan begitu mudah dicuri. Sedangkan pinjol legal hanya meminta izin akses kamera, mikrofon, dan lokasi. 

Saat data pribadi disalahgunakan, korban bisa menghapus data dan cache aplikasi. Tujuannya agar kemungkinan virus malware yang sengaja dibuat pinjol ilegal untuk mencuri data bisa hilang dari ponsel. Selain itu, nasabah juga harus memastikan bahwa perangkat lunak (software) pada ponsel yang digunakan selalu diperbarui (update).

6. Melaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Jika pinjaman online menyebarluaskan data pribadi nasabah, sebaiknya nasabah segera melaporkan kejadian tersebut ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Melaporkan ke OJK akan membantu menyelesaikan masalah dengan cepat.

Pihak berwenang tersebut yaitu pihak kepolisian setempat. Nasabah juga harus melampirkan berbagai bukti yang sah untuk memperkuat laporan sehingga kasus bisa segera ditangani.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai tips mengatasi pinjol ilegal sebar data yang dapat kalian lakukan dan terapkan agar data kalian tetap aman dan terjaga. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: