8 Cara Berhenti dari Pinjol Ilegal

8 Cara Berhenti dari Pinjol Ilegal

cara berhenti dari pinjol ilegal --foto westjavatoday.com

4. Mengevaluasi Keuangan

Mengevaluasi keuangan merupakan hal yang sangat penting, dengan cara membuat daftar pengeluaran bulanan, daftar pinjaman online yang digunakan, bunga dan yang harus dibayarkan.

5. Hitunglah Pemasukan dan Pengeluaran

Sebaiknya, sebelum meminjam uang dari pinjaman online atau pinjol, lakukan perhitungan keuangan kalian supaya tidak terjadi galbay atau macet bayar.

6. Gunakan Dana Darurat

Gunakanlah dana darurat jika pendapatan per bulan kalian tidak mencukupi untuk pelunasan utang pinjaman online. Dana darurat memang sangat membantu di kala sangat dibutuhkan.

BACA JUGA:5 Cara Ampuh Berhenti dari Jeratan Pinjol Ilegal

7. Gaya Hidup Hemat

Cara berhenti dari pinjol ilegal berikutnya yaitu gaya hidup hemat. Hentikan sekarang juga jika kalian memiliki gaya hidup yang boros. Cobalah atur keuanganmu dengan lebih baik dan lebih bijak lagi dalam membeli sesuatu. Dengan begitu, uang kalian akan tersisa dan bisa untuk segara melunasi semua utangnya. 

8. Jual Barang

Jika penghasilan kalian tidak mencukupi, juallah barang yang sekiranya bisa dijual. Jika dapat dijual barang yang bisa langsung menutupi utangmu seluruhnya.

Barang yang dijual yaitu barang berharga seperti kendaraan, emas, barang elektronik yang masih berfungsi dengan baik dan lain-lainnya.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai cara berhenti dari pinjol ilegal yang dapat kalian lakukan dan terapkan dengan mudah agar tidak terjebak dalam risiko yang merugikan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: