9 Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula

9 Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula

tips menggunakan kartu kredit bagi pemula --foto youtobe

DISWAY JATENG.ID - Tips menggunakan Kartu Kredit bagi pemula, Kartu kredit merupakan salah satu bukti kecanggihan keuangan modern saat ini. Cukup gesek kartu dan transaksi berhasil dilakukan serta menawarkan banyak diskon dan cashback. 

Berbeda dengan alat pembayaran yang lain, tips menggunakan kartu kredit bagi pemula memudahkan dalam bertransaksi yang kalian lakukan tidak akan memotong saldo yang dimiliki melainkan dicatat sebagai tagihan yang perlu dibayarkan. 

Bukan tanpa alasan alat transaksi ini banyak diminati. tips menggunakan kartu kredit bagi pemula menawarkan berbagai promo menarik yang membuat berbelanja makin seru. 

Begitu banyak nilai plus yang ditawarkan kartu kredit pada penggunanya, tapi tahukah kalian jika tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit dapat menjadi boomerang pengacau keuangan. Kebanyakan orang menganggap kartu kredit merupakan tempat berhutang, karena kemudahannya orang-orang yang justru kewalahan saat harus membayar tagihan. Untuk itu, perlu ketahui tips menggunakan kartu kredit bagi pemula dengan bijak. 

BACA JUGA:Begini Cara Pengajuan Kartu Kredit Mandiri dan Persyaratannya

Tips Menggunakan Kartu Kredit Bagi Pemula

1. Gunakan Kartu Kredit Untuk Transaksi yang Sanggup di Bayar

Tips menggunakan kartu kredit bagi pemula yaitu dengan menggunakan kartu kredit untuk transaksi yang mampu dibayar. Kartu kredit bukan tempat berhutang. Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang memudahkan transaksi. Jadi, jangan sampai membeli barang yang harganya tidak mampu dibeli secara cash.

Sebaiknya gunakan kartu kredit untuk membayar hal-hal penting. Cara ini sangat ampuh untuk menghindari hutang kartu kredit yang terlalu besar.

2. Jangan Membayar Tagihan Minimum

Lagi-lagi kartu kredit memberi kemudahan pembayaran. Biasanya kalian diperbolehkan dengan membayar tagihan minimum dari total tagihan yang ada, misalnya tagihan minimum 10% dari total tagihan. Artinya kalian bisa membayar 10% dari seluruh tagihan dalam satu bulan. Namun cara ini sangat merugikan untuk kalian karena bunga akan terus berjalan seiring waktu.

3. Sesuaikan Limit Kartu Kredit Dengan Penghasilan

Tips menggunakan kartu kredit bagi pemula berikutnya yaitu sesuaikan limit kartu kredit dengan penghasilan. Pada umumnya, kartu kredit akan memberikan limit 2 sampai 3 kali lipat gaji kalian. Misalnya gaji Rp4 juta, maka pihak bank akan menawarkan limit Rp8 juta. Meskipun demikian, bukan berarti harus mengambil limit tersebut. Selalu gunakan kartu kredit dalam batas wajar dan pastikan tagihannya tidak lebih besar dari gaji bulanan.

BACA JUGA:Cara Mengajukan Kartu Kredit Bank Mandiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: