9 Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula

9 Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula

tips menggunakan kartu kredit bagi pemula --foto youtobe

4. Pilihlah Kartu Kredit yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Ada banyak kartu kredit yang ditawarkan lembaga keuangan perbankan dengan berbagai macam tawaran menarik. Pilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya jika kalian hendak menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran maka pilihlah kartu kredit yang menawarkan banyak diskon dan cashback belanja.

5. Rahasiakan Data Kartu Kredit Kalian

Selalu ingat, kartu kredit merupakan salah satu benda yang lekat dengan kejahatan terutama pembobolan. Hal itu akan terjadi tanpa disadari, maka dari itu sangat penting menjaga data kartu kredit yang kalian miliki seperti pin, nomor kartu kredit dan data pribadi pemilik. Selain itu, teliti sebelum melakukan transaksi, pastikan tidak ada hal yang mencurigakan dalam setiap transaksi. Jangan berikan pin kartu kredit kalian pada siapapun.

6. Teliti Sebelum Bertransaksi

Mungkin kalian akan tergiur dengan promo kartu kredit cicilan 0% atau diskon 70% dengan kartu kredit. Jangan dulu tergoda, meskipun mendapat potongan harga dan bunga rendah tetap saja limit kartu kredit akan berkurang sesuai nilai barang.

7. Jangan Meminjamkan Kartu Kredit Pada Siapapun

Jangan sampai kartu kredit jatuh pada ke tangan orang lain. Meskipun dia orang terdekat kalian, tidak menutup kemungkinan kartu kredit yang kalian miliki disalahgunakan. Hal ini akan berakibat fatal jika kartu kredit digunakan tanpa tanggung jawab. Bisa-bisa tagihan bulanan membengkak di luar rencana.

BACA JUGA:Kartu Kredit untuk Mahasiswa yang Aman Digunakan

8. Jangan Menggunakan Banyak Kartu Kredit

Tidak masalah memiliki lebih dari satu kartu kredit. Namun yang perlu diketahui, semakin banyak mempunyai kartu kredit maka semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Setiap kartu kredit biasanya mempunyai biaya administrasi tahunan, biaya keterlambatan, biaya cetak tagihan dan lain-lain.

9. Jangan Melakukan Tarik Tunai Dengan Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki fasilitas Tarik tunai. Fasilitas ini sangat memungkinkan untuk mengambil uang cash melalui ATM seperti pinjaman kilat. Dibalik kemudahan tarik tunai dengan kartu kredit ada bunga besar sekitar 2.5% tiap bulannya. Jika tagihan tidak dibayar tepat waktu maka bunga akan terus berkembang.

Itulah beberapa informasi seputar tips menggunakan kartu kredit bagi pemula yang dapat kalian lakukan dengan bijak. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: