Terjerat Pinjol Ilegal? Begini Cara Melaporkannya

Terjerat Pinjol Ilegal? Begini Cara Melaporkannya

cara melaporkan pinjol ilegal --foto finansial bisnis

Berdasarkan pengaduan tersebut, OJK bahkan bisa melakukan pemblokiran dan pemberhentian usaha bagi penyelenggara yang tidak terdaftar dan tanpa izin.

Seperti yang diterangkan dalam artikel Tak Semua Aduan Fintech Ilegal Dapat Ditindaklanjuti Satgas, kegiatan 231 penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi dihentikan karena tidak terdaftar dan mendapat izin OJK. Masyarakat juga bisa berkonsultasi kepada OJK sebelum memanfaatkan layanan fintech peer to peer lending melalui kontak OJK 157 atau [email protected].

3. Pengaduan pada Satgas Waspada Investasi Guna Pemblokiran

Dengan menggunakan alamat email [email protected], kalian selaku korban pinjol ilegal bisa melaporkan pada satgas khusus. Tujuan pelaporan tersebut yaitu untuk pemblokiran pinjol terduga ilegal agar tidak semakin banyak korban yang terjerat.

4. Pengaduan Kepada Kominfo

Cara melaporkan pinjol ilegal berikutnya yaitu dapat melakukan pengaduan ke Kominfo melalui email: [email protected], mengunjungi situs Aduan Konten, atau melalui nomor Whatsapp resmi (08119224545).

BACA JUGA:4 Tips Jitu Menghindari Teror Pinjol Ilegal yang Meresahkan

Cara Cek Pinjol Legal atau Ilegal

Sebagai langkah pencegahan, sebelum memutuskan untuk berutang di pinjol, ada baiknya kalian mengecek dan memeriksa legalitas penyedia pinjol. Terdapat 3 cara untuk mengecek apakah pinjol tersebut legal atau ilegal yang dapat kalian praktikan:

1. Telepon 157 atau melalui email

Kalian bisa menghubungi nomor resmi OJK di nomor telepon 157 atau mengirim email ke [email protected] untuk memeriksa kembali pinjol yang akan digunakan nantinya.

2. Menggunakan Website OJK

Dikutip dari website OJK, kalian bisa menggunakan nomor resmi OJK di 081-157-157-157, dan dapat menghubungi melalui aplikasi WhatsApp serta menanyakan mengenai legalitas pinjol yang akan digunakan.

Demikian beberapa informasi mengenai cara melaporkan pinjol ilegal beserta cara cek pinjol legal atau ilegal yang dapat kalian lakukan dan ketahui. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: