7 Cara Mudah Memilih Pinjaman Online yang Aman

7 Cara Mudah Memilih Pinjaman Online yang Aman

cara memilih aplikasi pinjol yang aman --foto bengkulu news

DISWAY JATENG.ID - Cara memilih aplikasi pinjol yang aman. Aplikasi pinjaman online menjadi solusi andalan dalam menyelesaikan berbagai masalah keuangan, dengan kecepatan dan kemudahan yang diberikan banyak orang yang tertarik. 

Bagi kalian yang sedang membutuhkan dana darurat dan ingin menggunakan pinjaman online, perlu mengetahui cara memilih aplikasi pinjol yang aman supaya tidak terjerat pinjaman yang belum resmi sehingga terhindar dari berbagai risiko yang merugikan. 

Cara memilih aplikasi pinjol yang aman ini perlu disadari sebelum mengambil pinjaman tersebut. Bahwa saat ini sangat marak tersedia layanan pinjaman yang ilegal, banyak terjadi kasus penipuan yang mengatasnamakan pinjol. Karena itu, sebaiknya cek legalitas terlebih dahulu sebelum mengajukan. 

Lantas, bagaimana cara memilih aplikasi pinjol yang aman dan tepercaya untuk digunakan? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:Bagaimana Tips Memilih Pinjol Terpercaya? Lakukan 6 Solusi Ini Agar Terhindar dari Penipuan

Cara Memilih Aplikasi Pinjol yang Aman 

1. Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Cara memilih aplikasi pinjol yang aman yaitu dengan mengajukan plafon pinjaman lebih dari angka yang sudah ditentukan. Kalian akan kesulitan saat membayar cicilan dan bunganya jika mengajukan pinjaman terlalu banyak. Risiko denda atau pinalti lainnya muncul apabila kalian telat melunasi cicilan di luar tanggal jatuh tempo atau galbay. 

2. Cari Aplikasi Pinjol yang Memiliki Customer Service

Layanan konsumen (customer service) merupakan salah satu hak pengguna aplikasi pinjol. Penyelenggara pinjol dianggap legal apabila menyediakan CS untuk dihubungi. Pasalnya, rata-rata perusahaan ilegal tidak memiliki layanan tersebut sehingga mereka tidak turun tangan saat pengguna mengalami masalah.

Kalian bisa mencari informasi kontak seperti alamat e-mail, nomor telepon atau HP, serta alamat media sosial. Cobalah menghubungi mereka dengan menanyakan rincian layanan yang ditawarkan untuk mengetesnya. Jika CS-nya responsif, kalian merasa terbantu saat terjadi masalah terkait proses pinjaman atau pembayaran maka dipastikan aman.

BACA JUGA:Tips Memilih Pinjol yang Aman dan Terpercaya, Ikuti 10 Langkah Berikut untuk Menghindari Pinjol Ilegal

3. Lihat Riwayat Aplikasi Pinjol 

Cara memilih aplikasi pinjol yang aman berikutnya yaitu lihat riwayat aplikasi pinjol. Ada pula aplikasi pinjol yang mendapat ulasan (review) negatif meski sudah terdaftar OJK. Alasannya bermacam-macam, mulai dari lamanya proses pencairan, tingginya suku bunga atau biaya administrasi, kesulitan dalam penggunaan aplikasi, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: