4 Cara Ampuh Mengatasi Tidak Bisa Bayar Pinjol

4 Cara Ampuh Mengatasi Tidak Bisa Bayar Pinjol

cara mengatasi tidak bisa bayar pinjol --foto bri

DISWAY JATENG.ID - Cara mengatasi tidak bisa bayar pinjol, hal ini disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya tidak adanya dana untuk membayarnya. Biasanya pengguna pinjol akan kewalahan dan membiarkan sampai mengalami galbay. 

Galbay alias gagal bayar pinjol menjadi masalah yang cukup kompleks bagi seseorang. Pasalnya, memiliki banyak risiko dan tanggung jawab yang besar. Karena itu, cara mengatasi tidak bisa bayar pinjol perlu kalian ketahui. 

Cara mengatasi tidak bisa bayar pinjol merupakan solusi yang tepat buat kalian lakukan. Sebenarnya solusi yang paling krusial yaitu dengan membayar semua tagihan tersebut. Namun, sebelum meminjam uang ke pinjaman online, pertimbangkan kebutuhan dan kesanggupan membayar dalam membayar utang. 

Nah, berikut ada beberapa cara mengatasi tidak bisa bayar pinjol yang bisa kalian coba dan terapkan agar terhindar dari berbagai risiko yang merugikan. 

BACA JUGA:Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal yang Paling Efektif

Tak Mampu Bayar Pinjol Harus Lapor ke Mana?

Nasabah yang melakukan galbay pinjol ilegal, sebaiknya melapor ke Kementerian Komunikasi (Kominfo). Nantinya, bisnis pinjaman ilegal ini akan diblokir oleh pemerintah. Apabila, debitur tidak sanggup bayar pinjol yang terdaftar OJK, hanya perlu melapor ke OJK.

Masyarakat bisa melakukan pengaduan pinjaman online ke tiga instansi berikut:

Cara Mengatasi Tidak Bisa Bayar Pinjol 

BACA JUGA:5 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal, Dijamin Efektif Tanpa Gangguan Debt Collector

1. Hentikan Mencari Pinjaman Baru 

Apabila sudah jatuh tempo dan tidak bisa membayar, hentikanlah upaya mencari pinjaman baru untuk membayar utang lama. Tindakan seperti ini hanya akan memperburuk situasi keuangan karena membawa beban lebih lanjut dan dapat menciptakan lingkaran setan yang sulit diputus.

2. Lakukan Negosiasi dengan Pihak Pinjol 

Cara mengatasi tidak bisa bayar pinjol selanjutnya yaitu melakukan negosiasi dengan pemberi pinjaman. Sampaikan secara gamblang bahwa kalian tidak mampu membayar pinjaman. Biasanya beberapa pinjol memiliki kebijakan penanganan keterlambatan membayar pinjaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: