4 Cara Mudah Membersihkan BI Checking dari Daftar Hitam agar Kembali Putih

4 Cara Mudah Membersihkan BI Checking dari Daftar Hitam agar Kembali Putih

cara membersihkan bi checking dari daftar hitam --foto ekrut

DISWAY JATENG.ID - Cara membersihkan BI checking dari daftar hitam dapat berguna untuk mengajukan pinjaman kedepannya jika kalian sedang membutuhkan. Dengan ini, kalian tidak akan kesulitan saat mengajukan pinjaman dan tak perlu khawatir di tolak. 

Daftar hitam yang disediakan oleh Bank Indonesia (BI) dan lembaga keuangan lainnya berguna untuk memantau riwayat kredit seseorang. Karena itu, jika kalian mengalami galbay atau macet bayar maka pengguna perlu tahu cara membersihkan BI checking dari daftar hitam yang paling efektif. 

Pembersihan BI Checking penting untuk mencegah penolakan pengajuan kredit oleh bank atau lembaga keuangan lainnya. Keterlambatan dalam pembayaran cicilan kepada bank atau lembaga keuangan lain bisa menyebabkan seseorang masuk dalam daftar hitam (blacklist) BI Checking. Untuk itu, cara membersihkan BI checking dari daftar hitam perlu kalian lakukan. 

Dibawah ini ada beberapa cara membersihkan BI checking dari daftar hitam yang bisa kalian lakukan dan terapkan agar memudahkan dalam mendapatkan pinjaman kembali. 

BACA JUGA:5 Tips Membersihkan Nama di BI Checking agar Bebas dari Blacklist

BI Checking atau sistem informasi debitur yang dikelola oleh Bank Indonesia, merekam riwayat kredit individu dan perusahaan di Indonesia. Catatan negatif di BI Checking bisa mempengaruhi kemampuan seseorang dalam memperoleh pinjaman atau kredit di masa depan.

Bagi banyak orang, menjaga catatan BI Checking yang bersih merupakan langkah krusial untuk menjaga kesehatan finansial dan meningkatkan skor kredit. Memiliki BI Checking yang sehat sangat penting untuk pengajuan kredit di bank atau lembaga keuangan lainnya, karena skor BI Checking bisa mempengaruhi penerimaan aplikasi kredit.

Hal ini karena, dalam proses pengajuan kredit baik itu Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), maupun kartu kredit bank, mensyaratkan adanya pemeriksaan pembersihan BI Checking.

Bagi mereka yang memperoleh skor rendah pada BI Checking, perlu bagi kalian melalukan pembersihan atau pemutihan skor agar dapat kembali mengajukan pinjaman. Proses untuk membersihkan data BI Checking tidak terlalu rumit. Setelah memeriksa skor kredit yang tercantum dalam sistem BI Checking atau SLIK.

BACA JUGA:6 Cara Pemutihan BI Checking Agar Pengajuan KPR Mudah Diterima

Cara Membersihkan BI Checking dari Daftar Hitam 

1. Lunasi Pinjaman yang Macet

Jika terdapat utang yang telah macet atau masuk dalam status kolektif, segera lakukan pelunasan. Setelah utang dilunasi, pastikan kreditor memperbarui status utang di BI Checking untuk mencerminkan pembayaran yang telah diselesaikan.

2. Periksa Catatan Skor Secara Berkala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: