4 Cara Ampuh Mengatasi Tidak Bisa Bayar Pinjol

4 Cara Ampuh Mengatasi Tidak Bisa Bayar Pinjol

cara mengatasi tidak bisa bayar pinjol --foto bri

3. Mengajukan Restrukturisasi 

Cara mengatasi tidak bisa bayar pinjol berikutnya yaitu mengajukan restrukturisasi. Jika belum menemukan solusi yang tepat, kalian bisa mengajukan restrukturasi. Seperti perpanjangan jangka waktu pembayaran dan pengurangan bunga. Dengan begitu, kalian bisa mendapat keringanan sesuai kemampuan. Tidak hanya itu, pilihan ini bisa membantu mengelola kewajiban keuangan dengan lebih baik.

BACA JUGA:Terjerat Utang Pinjol? Begini 8 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal yang Perlu Kamu Ketahui

4. Mendiskusikan Alternatif Pembayaran 

Ketika melakukan negosiasi dengan pemberi pinjaman, silahkan mengajukan opsi pembayaran alternatif yang sesuai dengan kemampuan keuangan. Beberapa pemberi pinjaman, mungkin bersedia membuat perjanjian pembayaran yang lebih fleksibel atau menawarkan program pembayaran yang bisa disesuaikan.

Risiko Gagal Bayar Pinjol

Galbay atau gagal bayar pinjaman online merupakan suatu kondisi di mana debitur tidak mampu melunasi cicilan pinjaman dari perusahaan pinjol. Berikut 3 risiko galbay pinjol, sebagai berikut: 

1. Tercatat di SLIK OJK dengan Skor Kredit Buruk 

Penyelenggara pinjol yang memenuhi syarat pada dasarnya bisa menjadi pelapor untuk menyampaikan laporan debitur kepada OJK. Hal ini mencakup informasi mengenai debitur, penjamin, fasilitas penyedia dana, agunan, serta keuangan debitur. 

BACA JUGA:8 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Ilegal dan Ketahui Risikonya yang Jarang Diketahui

2. Bunga dan Denda Menjadi Lebih Besar 

Karena tidak mampu melunasi pinjaman, debitur atau peminjam akan dikenakan denda/bunga yang lebih besar. Pinjol legal biasanya tetap menentukan bunga atau denda atas keterlambatan pembayaran yang dihitung per hari.

3. Ditagih Debt Collector 

Apabila tidak melunasi utang pinjol, kalian akan ditagih oleh debt collector. Meski begitu, dalam menagih utang debitur, penyelenggara pinjol terikat dengan peraturan perundang-undangan. Penagihan harus dilakukan sesuai norma yang berlaku di masyarakat.

Demikian beberapa informasi mengenai cara mengatasi tidak bisa bayar pinjol beserta risiko galbay pinjol yang perlu kalian ketahui dan lakukan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: