Terjerat Utang Pinjol? Begini 8 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal yang Perlu Kamu Ketahui

Terjerat Utang Pinjol? Begini 8 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal yang Perlu Kamu Ketahui

solusi tidak bisa bayar pinjol legal --foto media konsumen

DISWAY JATENG - Saat memilih mengajukan pinjaman secara online, harus mempertimbangkan semua risikonya dengan cermat. Karena itu, ketahui solusi tidak bisa bayar pinjol legal supaya tidak terjerumus ke dalam pinjol yang berkepanjangan. 

Seperti diketahui, pinjaman online marak beroperasi di Indonesia dan menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memperoleh kredit karena syaratnya tergolong mudah dan prosesnya cepat. Namun, solusi tidak bisa bayar pinjol legal sering dicari bagi banyak orang. 

Banyak debitur yang keburu panik hingga tidak menyadari bahwa ada beberapa solusi tidak bisa bayar pinjol legal. Meskipun harus tetap melunasi utang, solusi tersebut dapat meringankan beban pembayaran. 

Namun, terlepas dari risiko macet bayar yang muncul, sebenarnya ada beberapa jalan keluar yang bisa dilakukan yaitu dengan mencari solusi tidak bisa bayar pinjol legal yang bisa kalian terapkan. 

BACA JUGA:Jangan Panik! Inilah 8 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal yang Wajib Kalian Ketahui

 

1. Hindari Pinjaman Tambahan

Dalam keadaan keuangan yang sulit, jangan tergoda untuk mengambil pinjaman tambahan dari pinjol lain. Hal itu justru akan membuat pinjaman semakin banyak, dan semakin banyak juga yang harus dibayarkan.

2. Negosiasi Pengurangan Bunga dan Denda

Solusi tidak bisa bayar pinjol legal berikutnya yaitu dengan negosiasi untuk mengurangi besaran bunga dan denda. Jika dirasa memberatkan, Bisa dengan meminta keringanan bunga dan denda ke pihak pinjol. Ceritakan apa yang membuat kalian kesulitan untuk membayar tagihan.

3. Ajukan Perpanjangan atau Restrukturisasi Pinjol

Kalian bisa mengajukan perpanjangan atau restrukturisasi pinjol saat dihubungi pihak Pinjol legal untuk membayar utang yang sudah melewati batas waktu.

Komunikasikan dengan jelas situasi keuangan agar pihak pinjol dapat membantu menemukan solusi terbaik untuk pelunasan utang dan buatlah kesepakatan sesuai kemampuan membayar.

BACA JUGA:8 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal, Dijamin Aman Tanpa Diganggu Debt Collector

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: