8 Cara Lepas dari Utang Pinjaman Online

8 Cara Lepas dari Utang Pinjaman Online

cara mengatasi lilitan utang pinjol --foto viva

Bayarlah dengan mana yang harus dibayar terlebih dahulu. Tentukan beban utang mana saja yang masuk ke dalam prioritas, mulai dari perhitungan tenor hingga total beban. 

Dengan perhitungan yang matang, melunasi utang tidak akan menjadi masalah. Selain itu, cara ini efektif untuk bisa membayar utang secara tepat waktu.

3. Gaya Hidup Hemat

Cara lepas dari lilitan utang pinjol berikutnya yaitu gaya hidup hemat. Hentikan sekarang juga jika kalian memiliki gaya hidup yang boros. Cobalah atur keuanganmu dengan lebih baik dan lebih bijak lagi dalam membeli sesuatu. Dengan begitu, uangmu akan tersisa dan bisa untuk segara melunasi semua utangnya. 

4. Buatlah Rincian Daftar Utang

Hal ini menjadikan keuangan kalian lebih tertata dan terjadwal. Kalian bisa menentukan mana yang harus lebih dulu dan menjadikan finansial kalian sedikit lebih stabil.

5. Hitunglah Pemasukan dan Pengeluaran

Sebaiknya, sebelum meminjam uang dari pinjaman online, lakukan perhitungan keuanganmu agar tidak terjadi galbay atau macet bayar.  

BACA JUGA:4 Tips Mengatasi Lilitan Utang Pinjol agar Bebas Teror DC Lapangan

6. Jual Barang

Jika penghasilanmu tidak mencukupi, juallah barang yang sekiranya bisa dijual. Kalau bisa jual barang yang bisa langsung menutupi utangmu seluruhnya.

Barang yang dijual yaitu barang berharga seperti kendaraan, emas, barang elektronik yang masih berfungsi dengan baik dan lain-lainnya.

7. Gunakan Dana Darurat

Gunakanlah jika pendapatan per bulanmu tidak mencukupi untuk pelunasan utang pinjaman online. Dana darurat memang sangat membantu di kala sangat dibutuhkan.

8. Jangan Melakukan Pinjaman Lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: