5 Cara Ampuh Menghindari Pinjol Ilegal yang Meresahkan

5 Cara Ampuh Menghindari Pinjol Ilegal yang Meresahkan

cara menghindari pinjol ilegal --foto universitas stekom

DISWAY JATENG.ID - Teknologi Finansial atau kerap disebut fintech pun juga terus berkembang, tak terkecuali perusahaan penyedia jasa pinjaman online alias pinjol. Supaya tidak terjerat pinjol yang ilegal, perlu ketahui cara menghindari pinjol ilegal ini. 

Cara menghindari pinjol ilegal sangat penting diketahui pengguna, untuk terhindar dari berbagai risiko kerugian. Seperti penyebaran data, penagihan kasar hingga ancaman yang akan merugikan bagi penggunanya. Pasalnya di era digital saat ini banyak aplikasi pinjol yang tersebar di berbagai platform, khusunya yang ilegal. 

Sebelum mengajukan pinjaman di pinjol, sebaiknya cek legalitas terlebih dahulu, agar tidak terjerat pinjaman online yang ilegal. Sekarang ini, perusahaan penyedia jasa pinjol semakin menjamur karena semakin mudahnya akses pinjaman dari si penyedia jasa ke calon peminjam. Untuk itu, perlu ketahui cara menghindari pinjol ilegal yang bikin resah. 

Nah, dibawah ini ada beberapa cara menghindari pinjol ilegal yang bisa kalian coba dan lakukan, agar terhindar dari risiko dan bahaya yang mengintai. 

BACA JUGA:Penting Ketahui, Ini 7 Tips Agar Terhindar dari Pinjol Ilegal yang Bikin Resah

5 Cara Menghindari Pinjol Ilegal 

1. Waspada Terhadap Pencurian Data Pribadi

Untuk melakukan pinjaman online, kalian akan diminta untuk mengisi data diri pribadi yang berhubungan dengan pinjaman. Bagi kalian yang ingin melakukan pinjaman, sebaiknya kalian menghindari persyaratan pinjol yang meminta izin untuk mengakses device kalian, meminta foto kartu atm, sampai foto selfie dengan memegang kartu identitas.

2. Cek Legalitas dan Rekam Jejak Digital

Cara menghindari pinjol ilegal berikutnya yaitu dapat memeriksa terlebih dahulu legalitas dan rekam jejak digital perusahaan pinjol tersebut untuk memastikan alamat kantor atau pengurus yang jelas. Kalian juga bisa melakukan perbandingan perusahaan pinjol untuk mencari tahu perusahaan pinjol kalian itu sudah jelas legalitasnya atau belum.

Sebelum melakukan pinjaman online, kalian harus cek terlebih dahulu rekam jejak digitalnya dengan mencari informasi seputar aplikasi penyedia jasa pinjol yang akan digunakan. Kalian juga bisa melihat review aplikasi penyedia jasa pinjol dan membaca forum yang ada di internet untuk mencari tahu apakah aplikasi pinjol kalian bisa dipercaya atau tidak.

BACA JUGA:5 Tips Menghindari Pinjol Ilegal Agar Tidak Terjebak Penipuan

3. Cek Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan

Penyedia jasa pinjol ilegal biasa melakukan pemerasan secara tidak langsung. Sebelum melakukan pinjaman, sebaiknya cek dan baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan serta kebijakan si penyedia jasa pinjol terlebih dahulu.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: