Tips Meningkatkan Skor Kredit, Rahasia Lolos Pinjaman

Tips Meningkatkan Skor Kredit, Rahasia Lolos Pinjaman

cara meningkatkan skor kredit--

DISWAY JATENG.ID - Cara meningkatkan skor kredit dapat anda lakukan dengan mudah sebelum melakukan pengajuan pinjaman di lembaga keuangan.

Dengan meningkatkan skor kredit maka pengajuan pinjaman anda akan mendapatkan peluang lolos yang besar, hal ini dikarenakan pihak penyedia pinjaman online akan melakukan pengecekan BI checking.

Ketika pengecekan BI checking menunjukan riwayat kredit anda buruk maka bisa saja pengajuan pinjaman anda akan terhambat, oleh sebab itu sebelum melakukan pengajuan pinjaman alangkah baiknya anda mengetahui cara meningkatkan skor kredit terlebih dahulu.

Nah berikut ini akan kami beritahu berbagai cara meningkatkan skor kredit yang dapat anda terapkan, yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:Simak Penyebab Skor Kredit Jelek, Salah Satu Alasan Pengajuan Pinjaman Ditolak

Mengapa Meningkatkan Skor Kredit Penting?

Skor kredit menjadi pertimbangan utama bagi lembaga keuangan dalam memutuskan apakah akan menyetujui permohonan pinjaman Anda. Selain itu, skor kredit yang tinggi juga dapat memberikan manfaat, terdapat banyak manfaat dari meningkatkan skor kredit, seperti:

  1. Suku bunga lebih rendah: Pinjaman dengan suku bunga rendah berarti Anda akan membayar cicilan yang lebih ringan.
  2. Persyaratan lebih fleksibel: Lembaga keuangan cenderung memberikan persyaratan yang lebih fleksibel bagi nasabah dengan skor kredit yang baik.
  3. Limit kredit yang lebih tinggi: Jika Anda memiliki kartu kredit, skor kredit yang tinggi dapat meningkatkan limit kredit Anda.

Faktor-faktor yang Dapat Mempengaruhi :

  1. Riwayat pembayaran: Riwayat pembayaran tagihan tepat waktu adalah faktor paling penting dalam menentukan skor kredit.
  2. Jumlah utang: Jumlah total utang dibandingkan dengan limit kredit yang tersedia akan memengaruhi skor kredit.
  3. Lama riwayat kredit: Semakin lama riwayat kredit yang positif, semakin baik skor kredit Anda.
  4. Jenis kredit: Memiliki berbagai jenis kredit (misalnya, kartu kredit, pinjaman mobil) dapat menunjukkan kemampuan mengelola berbagai jenis utang.
  5. Jumlah permohonan kredit baru: Terlalu sering mengajukan permohonan kredit dalam waktu singkat dapat menurunkan skor kredit.

Cara Meningkatkan Skor Kredit

Berikut adalah beberapa cara efektif untuk meningkatkan skor kredit Anda:

1. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Prioritaskan pembayaran: Selalu bayar tagihan kartu kredit, pinjaman, dan tagihan lainnya tepat waktu atau bahkan sebelum jatuh tempo.

Otomatiskan pembayaran: Manfaatkan fitur auto debit untuk memastikan pembayaran selalu dilakukan tepat waktu.

2. Jaga Rasio Penggunaan Kredit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: