Catat! 7 Tips Terbebas Pinjaman Online dengan Tepat

Catat! 7 Tips Terbebas Pinjaman Online dengan Tepat

cara terbebas pinjaman online--

DISWAY JATENG.ID - Terdapat beberapa cara terbebas pinjaman online yang perlu anda ketahui dan simak, hal ini tentunya akan membantu anda terlepas dari utang yang menumpuk.

Tentunya banyak keuntungan jika anda terbebas pinjaman online, misalnya tidak perlu menanggung cicilan di setiap bulannya.

Dengan mengetahui tips terbebas pinjaman online maka anda akan mendapatkan hidup yang tenang tanpa terbebani oleh utang yang banyak.

Berikut ini akan kami beritahu berbagai tips terbebas pinjaman online yang wajib anda ketahui, yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:5 Cara Jitu Terbebas Lilitan Utang

Tips Terbebas Pinjaman Online :

1. Memahami Situasi

Langkah pertama supaya terbebas pinjaman online yang penting adalah memahami secara detail utang yang dimiliki. Buatlah daftar lengkap semua pinjol yang sedang berjalan.

2. Menghitung Kapasitas Keuangan

Setelah mengetahui total utang, tips terbebas pinjaman online selanjutnya adalah menghitung kapasitas keuangan Anda. Berapa penghasilan bulanan Anda? Berapa pengeluaran tetap seperti biaya hidup, transportasi, dan tagihan lainnya? Dengan mengetahui sisa uang yang bisa dialokasikan untuk membayar utang, Anda dapat menentukan berapa banyak yang bisa Anda bayarkan setiap bulan.

3. Membuat Rencana Angsuran

Buatlah rencana angsuran yang realistis dan dapat Anda patuhi. Prioritaskan pinjaman dengan bunga tertinggi terlebih dahulu agar beban bunga yang harus dibayar bisa berkurang. Anda juga bisa mencoba untuk melakukan negosiasi dengan perusahaan pinjaman untuk mendapatkan keringanan, seperti penundaan pembayaran atau pengurangan bunga.

4. Menambah Sumber Pendapatan

Untuk mempercepat pelunasan utang, Anda bisa mencari tambahan sumber pendapatan. Beberapa opsi yang bisa Anda coba antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: