Dinas Perkim Kabupaten Tegal Pastikan Kualitas dan Kepatuhan Pembangunan Perumahan

Dinas Perkim Kabupaten Tegal Pastikan Kualitas dan Kepatuhan Pembangunan Perumahan

MONITORING - Kabid Perumahan dan Pertanahan Dinas Perkim Kabupaten Tegal monitoring menyeluruh ke perumahan.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI -  Dalam upaya meningkatkan kualitas dan kepatuhan pembangunan perumahan di wilayah Kabupaten Tegal. Dinas perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (Perkim) Kabupaten Tegal  melaksanakan program monitoring menyeluruh. 

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Tegal Jaenal Dasmin melalui Kabid  Perumahan dan Pertanahan Danny Kurniawan menyatakan, kegiatan ini  bertujuan untuk memastikan bahwa setiap perumahan yang telah disahkan tidak hanya memenuhi standar teknis dan regulasi yang berlaku. 

BACA JUGA:Pantau Kebersihan Pasar Belik Kabupaten Pemalang

"Namun  juga memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, program  monitoring ini dimulai dengan verifikasi dokumen penting, termasuk izin pembangunan, sertifikat tanah dan dokumen perizinan lainnya. Setelah dokumen diverifikasi, tim monitoring Dinas Perkim melanjutkan dengan peninjauan lapangan secara rutin di berbagai lokasi perumahan.

BACA JUGA:Disdikbud Kota Tegal Komitmen Turunkan Stunting

Dalam rangka menjaga keberlanjutan lingkungan, Dinas Perkim juga mengevaluasi penerapan standar lingkungan yang berlaku. Prasarana, sarana dan utilitas umum menjadi fokus utama dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan sekitar perumahan. 

Setiap hasil peninjauan lokasi dan evaluasi dicatat secara rinci dan disusun dalam laporan lengkap. Laporan tersebut mencakup temuan, rekomendasi, dan rencana tindak lanjut. Ini adalah sebagai bagian dari komitmen terhadap transparansi. Dinas Perkim juga menyediakan informasi terkait hasil monitoring kepada publik. 

BACA JUGA:Anak Yatim Piatu Desa Kaligelang Kabupaten Pemalang Dapat Santunan

"Kolaborasi dengan berbagai stakeholder, termasuk pemerintah daerah dan masyarakat setempat, dilakukan untuk memastikan bahwa semua kebutuhan dan harapan pihak-pihak terkait diperhatikan," tegasnya.

Dengan pelaksanaan monitoring yang menyeluruh ini, Dinas Perkim Kabupaten Tegal menunjukkan komitmennya. Dalam memastikan bahwa setiap perumahan tidak hanya memenuhi regulasi, tetapi juga memberikan dampak positif yang signifikan bagi kualitas hidup masyarakat. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: