Pembinaan Pramuka Saka Kencana Warungpring Kabupaten Pemalang

Pembinaan Pramuka Saka Kencana Warungpring Kabupaten Pemalang

PEMBINAAN - Pramuka Saka Kencana Warungpring sedang diberikan pembinaan.Foto:Siti Maftukhah/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Pembinaan Pramuka Saka Kencana diadakan di MA Nurul Huda Kecamatan Warungpring. Pembinaan Saka Kencana berada di bawah Gerakan Pramuka yang bekerjasama dengan Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Imam Faskhuri, Pembina OSIS Madrasah Aliyah (MA) Nurul Huda Kecamatan Warungpring mengatakan, merupakan sebuah kebanggaan karena di MA Nurul Huda menjadi pusat kegiatan. Banyak prestasi yang ditoreh oleh anak-anak MA Nurul Huda, baik prestasi akademik maupun prestasi ekstrakurikuler. 

BACA JUGA:Pengurus PWRI Kabupaten Pemalang 2024-2029 Dilantik

Kegiatan pramuka yang dilakukan dapat memberikan pengetahuan pada anggota tentang berbagai permasalahan yang ada pada remaja.

 "Baik itu masalah  kesehatan reproduksi, pendewasaan usia pernikahan, live skill dan lain sebagainya," ujarnya.

Kukuh Raharso, Pembina Saka Kencana menyampaikan, saka kencana merupakan wadah kegiatan dan pendidikan. Untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan praktis dan bakti masyarakat. Dalam bidang keluarga berencana, keluarga sejahtera dan pengembangan kependudukan.

BACA JUGA:Disdukcapil Kota Tegal Sediakan Data Kependudukan Akurat dan Mutakhir

Kegiatan meliputi 4 krida, yaitu Bina Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB dan KR), Bina Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS dan PK). Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (Advokasi dan KIE), Bina Peran Serta Masyarakat (PSM).

Selain pembinaan tentang program KKBPK, diberikan pembekalan pengetahuan bahwa dalam kehidupan harus mampu berfikir dan menjalani kehidupan yang makin banyak tantangan. Harus memiliki jiwa yang sabar, selalu bersyukur dan taat menjalankan perintah dan larangan yang diajarkan agama. 

"Anggota saka Kencana harus memiliki sifat jujur, tidak sombong, tidak berbohong, banyak berkawan, tidak menyakiti orang," ungkapnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: