8 Cara Ampuh Mengatasi Galbay Pinjol Ilegal, Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

8 Cara Ampuh Mengatasi Galbay Pinjol Ilegal, Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

cara mengatasi galbay pinjol ilegal --foto tiktok

DISWAY JATENG - Berikut ada beberapa cara mengatasi galbay pinjol ilegal yang dapat kalian terapkan untuk menghindari teror dan kejaran oleh debt collector (DC) pinjaman online yang bikin resah. 

Meski pinjaman online atau pinjol ilegal menawarkan berbagai kemudahan dalam memberikan pinjaman, ada risiko yang perlu diperhatikan dan diwaspadai. Karena itu, bagi kalian yang saat ini terlanjur terjerat pinjaman online yang ilegal, perlu ketahui cara mengatasi galbay pinjol ilegal ini. 

Cara mengatasi galbay pinjol ilegal bisa kalian lakukan dengan penuh konsisten dan disiplin. Dengan cara ini kalian bisa terbebas dari berbagai kerugian seperti, penyebaran data, teror, kejaran debt collector, ancaman dan bahkan kunjungan debt collector pinjaman online tersebut. 

Cara mengatasi galbay pinjol ilegal dapat dimulai dari strategi finansial yang bijak. Dibawah ini akan mengupas tuntas cara efektif yang bisa membantu kalian keluar dari lilitan utang pinjaman online yang berkepanjangan. 

BACA JUGA:3 Trik dan Tips Mengatasi Galbay Pinjol Tanpa Ribet Agar Aman dari Penagihan DC

 

Berikut ini adalah sejumlah solusi tidak bisa bayar pinjaman online ilegal yang dilansir dari laman AFPI yang merupakan solusi dari OJK, sebagai berikut: 

1. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Cara mengatasi galbay pinjol ilegal yaitu jangan sampai gali lubang tutup lubang, alias jangan berhutang lagi untuk menutupi utang dari pinjaman online ilegal.

Sebaiknya cari solusi lainnya yang lebih aman dan lebih solutif, ketimbang menyelesaikan masalah dengan masalah baru.

2. Blokir Semua Nomor Kontak yang Mengirim Terror

Debt collector pinjol ilegal biasanya akan melakukan penagihan dengan cara meneror secara terus-menerus dan penuh ancaman. Hal utama yang dilakukan yaitu dengan meneror kalian via ponsel.

Karena itu, sebaiknya blokir semua nomor kontak di ponsel yang sudah mengirimkan terror kepada kalian, terutama perihal penagihan utang.

3. Melapor Pihak Berwenang atau Instansi Terkait

Bila diteror dengan ancaman yang sangat mengganggu, bahkan mengancam jiwa, maka laporkan ke pihak berwenang atau kepolisian.

BACA JUGA:5 Cara Galbay Pinjol Ilegal Paling Aman dan Dijamin Bebas Teror DC

Kalian berhak melaporkan pinjol ilegal tersebut karena pinjaman online tersebut memang sudah tidak berdasar hukum, dan tindakan penagihan yang sudah mengancam jiwa itu merupakan tindakan melanggar hukum.

4. Melakukan Restrukturisasi Pinjaman

Cara mengatasi galbay pinjol ilegal berikutnya yaitu dengan melakukan restrukturisasi pinjaman. Kalian bisa meminta waktu kepada pinjaman online ilegal tersebut untuk memberikan keringanan, berupa jangka waktu yang diperpanjang, memberi diskon cicilan atau memberi potongan kredit dalam satu kali bayar.

5. Tidak Perlu Membayar Utang Kepada Pinjol Ilegal

Karena pinjol illegal tidak berdasar hukum, terutama hukum perdata, maka jika kalian sudah terlanjur menjadi korban pinjol ilegal disarankan untuk tidak membayar utang kepada pinjaman online ilegal.

6. Melakukan Negosiasi untuk Mengurangi Bunga dan Denda

Lakukan pendekatan diplomatis dengan bernegosiasi kepada pinjaman online ilegal untuk mengurangi jumlah bunga dan denda yang diberikan.

BACA JUGA:5 Tips Mengatasi Galbay Pinjol Ilegal dan Teror DC Lapangan, Bikin Tenang Nasabah Galbay

7. Membuat Surat Perjanjian dengan Pinjol Ilegal

Kalian bisa membuat semacam surat pakta integritas atau perjanjian yang berisi komitmen untuk membayar utang dalam waktu tertentu. Atau bisa juga mengusulkan solusi lainnya kepada pinjol ilegal yang bisa ‘mengampuni’ utang pinjaman online kalian.

8. Beritahu Semua Nomor Kontak agar Mengabaikan Pesan Tentang Penagihan Pinjol

Pinjol ilegal juga akan meneror semua nomor kontak yang ada di ponsel. Karena itu, antisipasi dengan menginformasikan kepada seluruh nomor kontak di ponsel untuk mengabaikan pesan mengenai pinjaman online tersebut.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai cara mengatasi galbay pinjol ilegal yang perlu kalian perhatikan dan bisa dilakukan untuk menghindari berbagai kerugian kedepannya. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: