Tips Menghindari Pinjol Ilegal dengan Digibank PayLater

Tips Menghindari Pinjol Ilegal dengan Digibank PayLater

Ini Dia Tips Menghindari Pinjol Ilegal, Dengan Pakai Digibank PayLater-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Layanan paylater dan pinjol saat ini semakin terkenal di kalangan masyarakat. Sebenarnya layanan transaksi ini dianggap sangat mempermudah, hanya saja pemakaiannya harus benar-benar bijak dan tetap berhati-hati agar tidak merugikan diri sendiri.

Keberadaan pinjol ilegal menjadi ancaman yang bisa memberikan kerugian bagi yang meminjamnya, sehingga perlu diwaspadai dan memilih pinjol yang terpercaya untuk menghindari masalah keuangan di masa mendatang. 

Perlu diketahui bahwa tidak semua layanan pinjol itu aman untuk digunakan. Karena ada banyak sekali jenis pinjol yang ternyata ilegal dan bisa merugikan nasabahnya jika memakai layanan tersebut.

Yuk simak ulasan tips menghindari pinjol illegal dengan pakai digibank paylater dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Ketahui 5 Tips Jitu Hapus Data di Aplikasi Pinjol Agar Hilang Permanen

Berikut ini tips menghindari pinjaman online ilegal :

1. Periksa Identitas Pinjol Lewat OJK

Tips pertama, periksa identitas pinjol melalui website resmi OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Ini merupakan salah satu cara yang paling mudah dan sangat aman untuk kamu lakukan. Pengecekan identitas pinjol lewat OJK ini akan memberi hasil yang akurat dan tentu saja bisa kamu percaya.

Jika perusahaan penyedia pinjaman tersebut beroperasi secara resmi, maka mereka pasti sudah mendapat izin dari OJK. Jadi secara otomatis perusahaan tersebut akan terdaftar di OJK secara legal. Kamu harus curiga jika ternyata perusahaan pinjol tadi tidak termasuk ke daftar yang dimiliki oleh OJK.

2. Jangan Menggunakan Pinjol sebagai Prioritas

Tips kedua, jangan memakai pinjol ini sebagai prioritas untuk memenuhi kebutuhan finansialmu. Jika kamu menganggap pinjol sebagai prioritas dan terlalu bergantung kepada layanan ini, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk terjerat. Sebaliknya, gunakan pinjol secara bijak.

Kamu bisa memanfaatkan layanan ini, atur keuanganmu sebaik mungkin agar tidak mudah bergantung pada pinjol. Selain itu, jangan mudah tergiur untuk menggunakan pinjol jika memang tidak dibutuhkan. Ini akan membuat kamu jadi lebih selektif saat memang harus memakai pinjol.

3. Perhatikan Transparansi Bunga

Selanjutnya, kamu juga harus memperhatikan transparansi bunga yang diberlakukan. Penting untuk membaca semua ketentuan sebelum mengajukan pinjaman online. Dari ketentuan tersebut kamu bisa melihat dan memperhitungkan nilai bunga yang ditawarkan.

Pastikan bahwa informasi suku bunga serta tenornya sudah transparan sejak awal. Tidak ada yang disembunyikan dan kamu bisa melakukan perhitungan sendiri sebelum meminjam dana. Jangan sampai kamu dijerat nilai bunga yang berlebih setelah mengajukan pinjaman.

BACA JUGA:10 Cara agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak dan Tidak Menghubungi Nomor Darurat

4. Selalu Cek Rekam Jejak Digitalnya

Keempat, pastikan untuk selalu mengecek rekam jejak digital dari layanan pinjaman online yang akan kamu pakai. Di zaman digital seperti sekarang, hal seperti ini tidak sulit untuk kamu lakukan. Ada media sosial dan search engine yang siap membantu kamu untuk mencari rekam jejak digital dari layanan tersebut.

Saat menemukan layanan penyedia pinjaman online, kamu bisa langsung cek rekam jejak digitalnya. Cari tahu lewat search engine karena biasanya akan langsung muncul artikel mengenai layanan tersebut. Jika ada riwayat tindak kriminal yang mencurigakan, pasti akan langsung muncul informasinya.

Kamu juga bisa mengecek media sosial mereka. Jangan lupa kunjungi juga website yang mereka miliki. Biasanya layanan pinjaman online yang resmi menyediakan akun media sosial dan website yang bisa diakses oleh siapa saja secara aman.

5. Jangan Tergoda Tawaran yang Memaksa

Terakhir, sebaiknya jangan mudah tergoda dengan tawaran pinjol yang sifatnya memaksa dan berlebihan. Perlu diingat bahwa apapun itu jenisnya, pinjaman itu tidak selalu menguntungkan. Kamu maka tetap harus memenuhi tanggung jawab membayar pinjaman tersebut sesuai ketentuan.

Jika ada penawaran pinjaman online yang terlalu berlebihan dan sifatnya memaksa, hindari saja. Ini bisa jadi indikasi bahwa layanan tersebut tidak beroperasi secara ilegal dan sedang mencari banyak korban.

Ciri-Ciri Pinjaman Online yang Aman

Saat ini maraknya layanan pinjol maupun paylater yang ilegal, namun sebenarnya kamu masih bisa menggunakan pinjaman tersebut dengan tenang. Kamu hanya perlu memilih pinjaman online yang aman dan legal. Berikut ini beberapa ciri pinjaman online yang aman :

BACA JUGA:Inilah Cara Mencegah Pinjol Mengakses Galeri, Lindungi Privasi Anda Segera!

1. Ada Perlindungan Data

Tentunya perusahaan pinjol yang resmi akan menjamin keamanan data penggunanya. Kamu harus memastikan bahwa layanan tersebut menyediakan perlindungan data yang benar-benar aman. Jangan sampai datamu disalah gunakan dan membuat kamu menanggung kerugian besar.

2. Mendapat Izin OJK

Sudah pasti layanan pinjol dinyatakan aman jika mendapat izin dari OJK. Izin ini menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut memang memenuhi syarat dan regulasinya sesuai dengan aturan OJK. Sebagai peminjam, kamu juga bisa mendapat perlindungan OJK apabila layanan tersebut sudah terdaftar.

3. Tidak Ada Jaminan Biaya di Muka

Layanan pinjol yang aman juga biasanya tidak memberlakukan jaminan biaya apapun di muka. Sistemnya harus jelas yaitu pinjaman dan cicilan tanpa harus ada jaminan biaya apapun apalagi jika nilainya cukup besar. Jangan sampai kamu tertipu dan kehilangan uang besar hanya untuk mendapatkan pinjol.

4. Menerapkan Bunga dan Biaya yang Wajar

Ciri lainnya bisa kamu lihat dari sistem bunga dan biaya tambahan yang diberlakukan. Layanan pinjol tersebut bisa dikatakan aman jika menerapkan sistem bunga dan biaya yang wajar.

Jika nilai bunganya terlalu tinggi dan ada banyak biaya lain-lain yang harus dibayar maka kamu wajib curiga. Perusahaan pinjol yang resmi tidak akan menawarkan bunga dan biaya yang melebihi batas aturan. 

BACA JUGA:Lakukan Tips Memilih Tenor Pinjol Berikut Ini, Pastikan Pinjamanmu Aman

5. Ada Transparansi Informasi

Penyedia pinjaman online yang legal juga pasti akan memberikan transparansi informasi kepada penggunanya. Semua informasi tersebut bisa dengan mudah kamu pahami sehingga kamu lebih yakin untuk memakai layanan mereka. Mulai dari informasi syarat pengajuan, tenor, biaya, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan tips menghindari layanan pinjol illegal. Jika ingin lebih aman langsung saja lakukan pinjaman paylater dari digibank bisa jadi solusinya. Semoga bermanfaat.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: