6 Tips Jitu Menghindari Pencurian Data Pribadi oleh Pinjol, Hindari Sembarang Klik Tautan

6 Tips Jitu Menghindari Pencurian Data Pribadi oleh Pinjol, Hindari Sembarang Klik Tautan

tips menghindari pencurian data pribadi oleh pinjol--foto proxsis it

DISWAY JATENG - Penipuan dari pinjaman online seringkali dilakukan dengan menawarkan bunga ringan dan keuntungan yang menarik lainnya. Tips menghindari pencurian data pribadi oleh pinjol penting diketahui agar data tetap aman dan tidak disalahgunakan. 

Kejahatan penyalahgunaan data pribadi oleh pinjaman online menggunakan informasi pribadi, meliputi nama, nomor kependudukan, hingga alamat pengguna tanpa persetujuan. Dengan mengetahui tips menghindari pencurian data pribadi oleh pinjol dapat mengamankan nasabah dari berbagai kerugian dan risiko lainnya. 

Tips menghindari pencurian data pribadi oleh pinjol menjadi solusi tepat buat kalian lakukan saat ingin menggunakan platfrom pinjaman online. Banyaknya kasus pinjaman online yang semakin marak menjadi sebuah kekhawatiran bagi pengguna yang ingin mengajukan pinjaman. 

Pada artikel kali ini, Disway Jateng telah merangkum dari berbagai sumber mengenai tips menghindari pencurian data pribadi oleh pinjol yang bisa membantu kalian untuk menghindari penyebaran data dan penyalahgunaan data diri. 

BACA JUGA:Cegah Sebelum Terlambat, Begini 7 Cara Mencegah Pencurian Data Pribadi

Pinjol memang salah satu produk finansial, namun dengan catatan selama pinjaman online tersebut legal. Dasar hukum pinjol diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjaman Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Untuk bisa terhindar dari pencurian data yang dilakukan oleh pinjaman online, maka ada beberapa hal yang perlu disikapi oleh masyarakat, di antaranya:

1. Tidak Mengunggah Identitas Diri di Media Sosial

Tips menghindari pencurian data pribadi oleh pinjol yaitu tidak mengunggah identitas diri di media sosial. Pemberian identitas apapun di media sosial sangat rentan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Identitas yang ada di media sosial mudah saja di duplikasi sehingga pinjaman online yang ilegal dapat memanfaatkannya.

2. Waspada Menerima Pesan yang Mencurigakan

Tips menghindari pencurian data pribadi oleh pinjol berikutnya yaitu waspada menerima pesan yang mencurigakan. Saat masyarakat menerima pesan singkat melalui SMS, WhatsApp maupun aplikasi lain dari sumber yang tidak jelas, masyarakat bisa mengabaikannya dan tidak mengklik tautan yang di kirimkan oleh pesan tersebut.

3. Jangan Sembarangan Menggunakan WiFi Umum

Menggunakan koneksi WiFi umum memang memberikan banyak keuntungan, di antaranya menghemat penggunaan data pribadi. Namun, perlu diperhatikan saat menggunakan koneksi WiFi umum, terutama pada saat melakukan transaksi di mobile banking karena rawan terjadi kejahatan siber, untuk itu sebaiknya hindari penggunaan WiFi umum.

4. Perhatikan Izin Akses yang Diminta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: