Yuk Intip, Begini 6 Rahasia Cara Ampuh Membayar Utang yang Terlanjur Menumpuk

Yuk Intip, Begini 6 Rahasia Cara Ampuh Membayar Utang yang Terlanjur Menumpuk

cara membayar utang yang terlanjur menumpuk --foto tokopedia

DISWAY JATENG - Utang merupakan salah satu masalah serius bagi finansial seseorang jika tidak dikelola dengan baik. Karena itu, perlu mengetahui cara membayar utang yang terlanjur menumpuk agar tidak terlalu terbebani. 

Tidak ada yang menginginkan kehadiran utang piutang dalam kehidupannya. Namun, terkadang perkara utang ini tidak bisa dihindari pada suatu kondisi. Mau tidak mau, kalian harus siap untuk membayar utang dengan tepat waktu. Karenanya cara membayar utang yang terlanjur menumpuk menjadi solusinya. 

Banyak orang terjebak dalam lingkaran utang yang semakin bertambah besar, sebab bunga dan biaya yang semakin inggi. Maka dari itu, agar terhindar dari risiko yang merugikan sebaiknya ketahui cara membayar utang yang terlanjur menumpuk. 

Cara membayar utang yang terlanjur menumpuk salah satu kuncinya yaitu harus bersabar dan berkomitmen untuk mengatasi masalah finansial kalian. Jika memungkinkan hindari masuk ke dalam utang baru supaya kondisi finansial dimasa depan bisa menjadi lebih baik. 

BACA JUGA:3 Solusi Bayar Utang Pinjol Tepat Waktu Agar Aman dari Galbay dan Teror DC Lapangan

 

1. Berhenti Utang Baru

Cara membayar utang yang terlanjur menumpuk yaitu berhenti utang baru. Setelah menyadari utang yang kian menumpuk, jangan menambah utang yang baru. Hindari gali lubang tutup lubang. Utang yang sudah menumpuk memang membuat kalian pusing saat ini. Namun, tidaklah benar jika kalian harus meminjam dana lain untuk melunasi utang sekarang. Hal ini hanya akan membuat kalian terus berada di lingkaran yang salah. 

2. Buat Rencana Keuangan

Penting untuk mengelola segala pendapatan dan pengeluaran dengan rencana keuangan yang komprehensif dan realistis. 

Jadi, buatlah catatan keuangan yang rapi, jika sampai saat ini kalian belum memilikinya. Mulai catat secara rinci dan detail berapa penghasilan dan berapa pengeluaran secara rutin dalam periode tertentu. Kalian akan melihat, apakah keduanya seimbang atau tidak. Jika tidak, kalian harus mencari letak kesalahannya ada di mana.

3. Melakukan Konsolidasi Utang

Menggabungkan banyak utang menjadi satu pembayaran bisa dilakukan dengan tingkat bunga yang lebih rendah. Hal ini yang disebut konsolidasi utang, yang akan memungkinkan kalian bisa membuat utang lebih mudah dikelola dan lebih murah secara keseluruhan.

BACA JUGA:Jangan Takut, Inilah 8 Tips Aman Bayar Utang Pinjol ke Debt Collector yang Wajib Kamu Tahu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: