Yuk Intip, Begini 6 Rahasia Cara Ampuh Membayar Utang yang Terlanjur Menumpuk

Yuk Intip, Begini 6 Rahasia Cara Ampuh Membayar Utang yang Terlanjur Menumpuk

cara membayar utang yang terlanjur menumpuk --foto tokopedia

Semakin sedikit kalian harus membayar bunga, semakin banyak uang yang bisa kalian gunakan untuk melunasi yang lain. Konsolidasi utang bisa digunakan, namun kalian harus memiliki skor kredit yang baik agar memenuhi syaratnya. 

4. Take Over Kredit

Solusi ini bisa digunakan jika utang kalian termasuk ke dalam utang jangka panjang, seperti membeli mobil, rumah atau lainnya.

Take over kredit artinya menjual kembali barang tersebut walaupun masih menyicil. Dengan begitu, kalian dapat terbebas dari utang dan berkesempatan untuk mendapat uang tambahan dari penjualan tersebut.

5. Kurangi Pengeluaran 

Cara membayar utang yang terlanjur menumpuk berikutnya yaitu dengan kurangi pengeluaran. jadi kalian harus mampu menahan laju pengeluaran. Artinya, cobalah untuk mengurangi pengeluaran, seperti layanan streaming, memesan makanan secara online, atau pengeluaran konsumtif lainnya.

Atur lagi semuanya, dan hanya hidup dengan budget minimalis. Jika kalian ingin bisa membayar utang hingga lunas, memang harus ada beberapa hal yang dikorbankan dalam pengeluaran kalian.

BACA JUGA:5 Solusi Bayar Utang Pinjol dengan Cepat Suapaya tidak Menumpuk, Gunakan Cara ini Agar Cepat Lunas

6. Dapatkan Pekerjaan Sampingan untuk Meningkatkan Penghasilan 

Mengumpulkan penghasilan tambahan bisa meningkatkan potensi kalian untuk bisa membayar utang. Dengan ekstra pendapatan, utang kalian akan semakin cepat terlunasi. Apabila pendapatan dari pekerjaan kalian tidak dapat membantu maka coba cari pekerjaan sampingan.

Ada banyak alternatif untuk bisa menambah penghasilan di zaman sekarang. Mulai dengan mencari lowongan freelancer, atau pekerjaan lain yang bisa kalian lakukan selagi melakukan pekerjaan utama. Atau kalian juga bisa berdagang produk-produk yang sekiranya dibutuhkan oleh orang-orang di sekuitar. Solusi lainnya yaitu dengan menjual beberapa barang bekas yang masih bisa digunakan.

Itulah beberapa informasi seputar cara membayar utang yang terlanjur menumpuk yang bisa kalian lakukan dan gunakan agar bebas dari beban tagihan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: