Butuh Modal? Ini 8 Cara Mendapatkan Dana untuk Modal Usaha yang Paling Efektif

Butuh Modal? Ini 8 Cara Mendapatkan Dana untuk Modal Usaha yang Paling Efektif

cara mendapatkan dana untuk modal usaha --foto pascasarjana umsu

Apabila kalian merupakan pendiri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pemerintah bisa memberikan support berupa program penyediaan modal untuk UMKM. Dengan mengajukan proposal bisnis kalian ke kementrian UMKM terdekat, kalian bisa mendapatkan bantuan modal usaha jika telah memenuhi seluruh persyaratan yang diberikan.

BACA JUGA:Ingin Bebas Riba? Inilah Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Riba, Terapkan Motode Halal 

5. Mencari Investor

Dengan mencari investor yang tertarik untuk memasukkan modal ke bisnis kalian, ini bisa menjadi langkah berikutnya untuk mendapatkan modal usaha. Dengan adanya dukungan dari investor, kalian bisa memperoleh modal usaha yang diperlukan dengan cepat. 

Setelah berhasil mendapatkan investor, selanjutnya menetapkan kesepakatan kerja yang harus dibuat dan diatur dalam perjanjian tertulis. 

6. Mengajukan Kredit Mikro

Kredit ini merupakan jenis pinjaman kecil yang diberikan kepada individu untuk kalian yang baru saja memulai bisnis. Proses pengajuan kredit mikro cukup mudah dan prosesnya cepat jika seluruh persyaratan telah disetujui. Penting untuk diingat bahwa kredit mikro memiliki bunga yang lebih tinggi, sehingga perlu mempertimbangkan keuangan kalian untuk membayar pinjaman tersebut.

7. Cari Partner Bisnis

Jika kalian memiliki partner bisnis, ini bisa menjadi keuntungan untuk memperoleh modal usaha. Carilah partner yang memiliki minat dan visi yang sama dengan kalian, selanjutnya diskusikan rencana kerjasama untuk membangun dan mengembangkan bisnis bersama. 

BACA JUGA:10 Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dengan Mudah

8. Jual atau Gadai Aset Pribadi

Apabila memiliki aset yang berharga seperti properti, kendaraan dan perhiasan yang sudah jarang atau tidak dipakai lagi, kalian dapat mempertimbangkan untuk menjual atau menggadaikan barang-barang tersebut untuk mendapatkan dana tambahan.

Ketika kalian menggunakan aset pribadi sebagai jaminan pinjaman modal usaha, penting untuk membayar angsuran sesuai tenor yang ditetapkan oleh layanan atau lembaga gadai. 

Demikian beberapa informasi mengenai cara mendapatkan dana untuk modal usaha yang perlu kalian terapkan agar dana cepat cair sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: